google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Format dan Mengatasi Flashdisk Tak Terbaca

Thursday, September 12, 2013

Cara Format dan Mengatasi Flashdisk Tak Terbaca

Untuk cara mengatasi Flashdisk yang tak terbaca atau tak terdeteksi di komputer anda, silakan ikuti langkah berikut ini. Ada beberapa hal penyebab Flashdisk tak terbaca atau tak terdeteksi bisa karena Flashdisknya atau mungkin komputer yang tidak disetting dengan benar. Mari kita coba teliti.


Cara Mengatasi Flashdisk Tak terbaca:

Silakan cek Flashdisk di komputer lain terlebih dahulu. Jika pada komputer lain perangkat USB dapat terdeteksi berarti masalah ada pada komputer anda yang belum diseting secara benar USB komputernya. Buka My Computer – Control Panel – hardware – device manager – Universal Serial Bus Controller – klik uninstall - lalu restart komputer.

Jika flashdisk tidak terdeteksi, maka tidak dapat melakukan format ulang, maka anda memerlukan bantuan software untuk memperbaiki flashdisk anda, misalnya Hp Drive Boot Utility Atau USB Repair, silakan download di Google.

Install dan jalankan Aplikasinya dan pilih format flashdisk  yang mau di gunakan (FAT, FAT32 atau NTFS) lalu Pilih > Quick Format, Pilih > Create New or Replace Existing Configuration.


Berikut cara memformat Flashdisk:


~ Buka Device manager (Klik kanan My Computer > Manage > Device Manager)

~ Di sebelah kanan, Cari dan klik kanan USB Drive anda (nama flashdisk) lalu klik Properties.

~ Klik pada tab Policies, lalu Pilih "Optimize for performance".  Klik Ok.

~ Buka My Computer, lalu klik kanan pada drive anda (flashdisk) lalu pilih Format.

~ Pada File System, pilih format NTFS , lalu klik start dan Selesai.


Cara 2 :

1. Masuk ke Run (start -> RUN), ketik cmd, lalu Enter.

2. Pada Command Prompt yang terbuka. ketik kode: convert e: /fs:ntfs (huruf e adalah drive dimana Flashdisk anda terdeteksi, bisa di  D, E, F, G)

3. Tunggu hingga proses berjalan dan selesai. Maka format flaskdisk akan berubah ke NTFS.

Semoga bisa membantu anda, dan mengatasi masalah Flashdisk yang tak terbaca atau tak terdeteksi di komputer anda. Sukses selalu !

2 comments: