google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Membuat Hotspot Wifi Komputer Melalui Cmd

Thursday, September 10, 2015

Cara Membuat Hotspot Wifi Komputer Melalui Cmd

Perintah cara membuat hotspot wifi pada komputer melalui cmd yang anda jalankan. Selain menggunakan bantuan software, membuat hotspot wifi pada komputer melalui perintah cmd juga bisa anda gunakan. Dengan memasukkan perintah pada cmd, membuat hotspot wifi pada komputer akan berhasil meski tanpa software.
 
Cara Membuat Hotspot Wifi Komputer Melalui Cmd. Untuk mengetest cara ini, silakan jalankan perintah di cmd anda seperti berikut. Terkadang, jika kita menggunakan sotware untuk membuat hotspot wifi, susah untuk konek atau lambat. Nah, anda bisa mencoba membuat hotspot wifi ini melalui cmd.

Langkah Membuat Komputer Menjadi Hotspot Wifi:

1. Klik Start, ketik cmd pada kotak search, lalu akan tulisan muncul cmd, klik kanan di cmd tsb, pilih run as administrator.

2. Pada jendela cmd, ketik perintah berikut (tidak perlu di enter)

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=denbagus key=joko1994

Ganti denbagus dengan nama jaringan yang akan anda gunakan (bebas)
Ganti joko1994 dengan password yang anda inginkan (8karakter)


3. Setelah anda memasukkan perintah diatas, untuk menghidupkan hotspot anda ketik lagi perintah berikut:

netsh wlan start hostednetwork


Untuk mematikan hotspot anda ketik lagi perintah ini
netsh wlan stop hostednetwork

4. Selanjutnya anda juga perlu merubah settingan di koneksi anda. Pada contoh ini saya pakai modem dengan operator telkomsel.

5. Klik pada icon koneksi anda (bawah kanan layar) lalu klik kanan pada nama jaringan koneksi anda (yang connected) dan pilih properties.


6. Klik tab sharing, lalu pada Home networking connection pilih salah satu wireless networknya (misal wireless network connection 2) kemudian centang pada allow other network...(yang atas) jika muncul peringatan klik OK saja.
 
7. Setelah itu disconnect dulu koneksinya kemudian connect-kan kembali. anda tunggu sebentar lalu cek kembali, klik di  icon koneksi anda tadi lalu lihat apakah pada nama jaringan hotspot sudah berubah menjadi internet access.

8. Jika belum, coba anda periksa dibagian ini; klik icon koneksi anda, pilih > open network & sharing center > change adapter settings. Anda bisa lihat contoh gambar berikut.


 9. Gambar diatas pada wireless network connection pastikan dalam posisi aktif atau enable (Jika dalam posisi tidak aktif, maka ada tulisan disabled dibawahnya). Untuk mengaktifkannya cukup klik kanan pilih enable.

10.Kemudian cek lagi di koneksi operator anda (modem), klik kanan > properties > sharing pastikan check di kotak paling atas dan Home networking connection-nya benar (aktif). Kemudian lakukan disconnect dan connect-kan kembali modemnya. Tunggu respondnya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk membuat hotspot wifi pada komputer/laptop antara lain menggunakan software, melalui cmd atau manage wireless network. Semoga cukup jelas tip diatas untuk membuat hotspot wifi pada komputer/laptop, sekian.

4 comments: