google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Trik Merubah Foto Menjadi Efek Kartun Retro Unik

Monday, 29 December 2014

Trik Merubah Foto Menjadi Efek Kartun Retro Unik

By Musttrie Azalah-cara photoshop merubah foto menjadi efek kartun retro. Bagi yang hoby edit foto merubah foto menjadi efek kartun retro seperti untuk sampul buku, novel, komic dan sebagainya, trik ini bisa anda coba atau buat stiker lucu pokoke opo wae lah, intinya kita coba belajar bagaimana cara membuat foto menjadi efek kartun retro yang unik dan menarik. Salah satu contoh yang saya buat ini bisa jadi satu alternatif meski masih bisa anda kembangkan lagi menjadi lebih menarik. Nah, gambar berikut saya pakai foto tonggoku sing ayu dhewe sak deso (he..he..) Lia.. sorry fotonya tak pinjam buat model ya! kebetulan nemu neng FB kamu. Kita langsung aza brow! cara membuat efek retro pada foto dengan photoshop. Mungkin sudah banyak yang jago soal edit dengan photoshop ini, tapi kita mau posting buat temen temen yang baru belajar nih guest, biar nggak bingung kita mulai dari yang gampil dulu, nanti kalo sudah pinter gantian ajarin saya, akur kan!

Merubah foto menjadi efek kartun retro dengan photoshop merupakan cara paling familier dan banyak digunakan ketimbang software lainnya. Kalo sampeyan mau trik dari saya silakan unduh disini download kumpulan trik photoshop (via google drive) atau link alternatif lainnya (via mediafire) bisa unduh disini jangan khawatir download di blog ini nggak bakal dibawa muter muter dan dijamin gretongan. O iya untuk pengguna Android agar bisa buka file kumpulan trik photoshop ini (formatnya .chm) maka harus instal apk tambahan di android anda cari di google play banyak bingit, ketik aza chm reader ntar pada nongol pilihannya. Yes ini buat belajar awal doang belum yang mahir mahir amat, langsung bisa anda download dan langsung buka di komputer anda, Atau baca tautannya diblog ini. OK kita kembali lagi ke cara membuat efek retro pada foto via photoshop versi musttrie azalah, jangan lupa untuk kasih komentar yang pedes juga nggak apa apa, santai aza! Come on.
 
Langkah dalam merubah foto menjadi efek kartun retro:

Buka foto anda dan gambar yang akan dijadikan background.(sebelumnya anda buat dulu foto dan background memiliki ukuran lebar tinggi yang sama).


Seleksi bagian badan foto seperti contoh gambar diatas. Untuk trik ini ada berbagai cara yang bisa kita gunakan. Saya memakai cara yang paling mudah yaitu dengan quick selection tool (untuk merubah parameternya silakan klik di icon tanda + atau -). Gambar yang terseleksi akan muncul garis putus putus.

Setelah bagian badan terseleksi, lalu klik move tool, lalu klik di gambar background anda. Selanjutnya drag gambar background ke foto anda. Terus tekan delete untuk menghapus layer yang menutupi di bagian foto/badan. Klik Select > deselect

hasilnya seperti ini


Untuk merapikan bagian tepi foto (hasil potongan tadi) anda bisa menggunakan masking, jika yang ingin di masking bagian background maka pilih atau klik (aktifkan) layer background-nya. Kalo yang ingin di masking bagian fotonya, ya pindah saja (klik) di layer foto-nya terus lakukan masking. Eh..belum tahu ya, caranya masking, anda klik disini saja ya panjang soale kalo nulis (disitu anda ikuti langkah no. 6) dst.

Jika sudah bagus gabungkan dengan menggunakan Ctrl+Shitf+E pada keyboard, ( cara lain seleksi dan menggabungkan gambar, boleh baca disini, silakan ).

 
edit foto ganti background

Bisa juga kita tambahkan efek gradien seperti gambar berikut. Untuk cara ini seleksi gambar/badan terlebih dahulu, lalu klik Select > Inverse. Lalu duplicate layer (klik kanan background layer; duplicate layer) Klik layer > new fill layer > gradient...> langsung OK > klik pada gradient lalu pilih kotak warna yang diinginkan (pada gradient type pilih solid) > langsung klik OK. Pada pilihan '' Angle '' putar tanda jarumnya (bebas) lalu OK . Ubah blending mode menjadi Multiply. Haluskan bagian tepi foto dengan clone stamp tool atau smudge tool. Jika sudah bagus gabungkan layer (Ctrl+Shitf+E).

efek gradien photoshop

Untuk contoh kali ini saya pakai gambar pertama saja. Lanjut, setelah itu klik di Filter > filter gallery > Artistic > Poster Edges
Saya ubah nilainya seperti ini (nilai bebas sesuai keinginan), Edge Thickness 7, Edge Intensity 1, Posterization 2 , lalu OK.


Kembali ke Filter > Topaz Lab > Topaz > Flatstyle. Atur parameter sesuai hasil gambar terbaik. Kira-kira Strenght = 8, Thershold = 1,2. lalu OK. O iya, untuk Topaz lab kita harus instal dulu karena ini merupakan pluggin tambahan, bisa download cari di google.


Untuk menajamkan warna, saya pilih adjustments layer dengan pilih hue saturation ( nilai saturation : +20) dan pakai vibrance ( nilai vibrance : +25 ).


Masih di Adjustment layer, saya menggunakan Gradient Map, lalu pilih pallet gradient seperti gambar di bawah ini. Untuk blending mode saya ganti menjadi softlight, opacity-nya menjadi 50%. Terus gabungkan layer dengan tekan Ctrl+Shift+E.


Selanjutnya membuat efek Color Halftone dengan cara membuat duplicate layer, (klik kanan background/layer > duplicate layer). Setelah itu klik Filter > Pixelate > Color Halftone (saya pilih nilai 4 pixel).

Blending mode diganti menjadi soft light dan opacitynya  sekitar 70%. Setelah OK gabungkan layer, lalu simpan gambar (save as).


Jika kita ingin efek retro (bintik-bintik) tidak muncul di wajah dan hanya muncul di background saja, tinggal di masking dulu sebelum gambar(layer) digabungkan. Sehingga seperti ini.

efek retro

TRIK PHOTOSHOP
Cara-menghaluskan-wajah photoshop
Membuat-poster-minuman-dengan-photoshop
Kumpulan-tutorial-photoshop
Cara-mengganti-background-pas-foto
Cara-membuat-efek-tembus-pandang
Cara-membuat-efek-glassy-pada-tulisan
Cara-membuat-efek-air-pada-tulisan
Cara-membuat-efek-3d-transparant-glass-text
Cara-membuat-efek-smooth-glass-teks
Cara-membuat-efek-glossy-teks
Cara-seleksi-rambut-secara-detail
Cara-membuat-efek-lipatan-teks
Cara-membuat-pelangi-pada-gambar
Cara-menempelkan-gambar-pada-tulisan
Cara-memutihkan-gigi-pada-foto

INFO LAIN:
Merubah Harddisk Agar Bisa Terbaca di DVD Player Atau USB

Silakan pilih dari dua hasil diatas. Kalo mau ambil/download fotonya, tinggal klik kanan foto > save image as  > simpan. Itu saja yang saya bisa, cara merubah foto menjadi efek kartun retro, dan mudah-mudahan sharing ini berguna buat sahabat semua. Matur nuwun sampai ketemu lagi. Posted by Musttrie azalah !

3 comments:

  1. Munculnya model batik pria modern juga membuat batik mampu bersaing dengan banyaknya baju dari barat yang juga sangat digemari di Indonesia.
    Hal ini tentunya sangat membanggakan batik pria lengan panjang merupakan salah satu cara untuk melestarikan warisan luhur nenek moyang kita. Secara tidak langsung, para produsen, dan perajin batik sudah sangat berperan dalam melestarikan batik ini.

    Bagaimana dengan kita? Dengan adanya batik pria lengan pendek modern dan up to date serta sesuai dengan perkembangan jaman, maka tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memakai baju batik dengan alasan kuno, atau terlalu resmi atau kayak orang tua. Model baju batik modern tidak lagi memberikan kesan kesan tersebut. Mari kita pakai baju batik, kalau bukan kita siapa lagi?

    ReplyDelete
  2. Jika kalian tahu tentang anime,yaa.. film yang sangat digemari oleh hampir semua kalangan.Salah satu nya adalah naruto.
    Film anime yang sangat terkenal bahkan sudah mendunia.Mungkin banyak sekali para kaula muda atau anak - anak yang pengen memiliki jaket anime ini.
    Tapi gak usah takut,karna jaman sekarang banyak sekali toko - toko yang jual di pasaran maupun online.Ada Juga jaket naruto yang gak kalah tenar nya.

    ReplyDelete