google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Software Windows Movie Maker + Cara Membuat Video Klip

Saturday, 8 November 2014

Software Windows Movie Maker + Cara Membuat Video Klip

Jika anda butuh Software Windows Movie Maker tentang bagaimana cara membuat video klip, menggabungkan video, gambar, audio/suara dengan efek tertentu, tulisan dan sebagainya menjadi bentuk video film yang utuh, maka anda perlu menggunakan peralatan berikut, Software Windows Movie Maker + Cara Membuat Video Klip.

Sebelumnya untuk menggunakan software ini, anda sebaiknya perlu menginstal 2 software berikut.

Download Windows Movie Maker (bisa cari di google)
Any video converter
Simak cara menggunakan Any video converter

- Any video converter diperlukan, karena format video yang anda miliki atau yang akan anda masukkan ke Windows Movie Maker terkadang tidak support dengan format video yang  dibutuhkan oleh Movie Maker. Nah, anda perlu mengkonversi terlebih dahulu format video tersebut misal menjadi format DVD atau Mpeg II. Untuk cara mengkonversinya bisa anda baca di Cara  menggunakan Any video converter diatas.

- Setelah download, Instal kedua software hingga finish, lalu buka Windows Movie Maker anda. Disebelah kanan atas, klik tulisan videos , lalu cari nama file video anda, (ubah tipe file menjadi all files agar semua jenis file bisa terbuka), lalu klik import. Coba perhatikan apakah file anda bisa diload/dimuat. Jika tidak bisa dimuat berarti file video tidak support dan perlu di konversi terlebih dahulu, lakukan seperti cara diatas.


- Jika berhasil dimuat maka akan tampil seperti gambar berikut, untuk mengecek, klik 2 x pada file video tsb dan lihatlah pada layar disebelah kanan bisa diplay atau tidak (harusnya bisa).

- Selanjutnya klik kanan nama file video anda, lalu pilih add to timeline, maka file akan masuk di timeline video dibawah. Sekarang klik tombol play yang ada di baris timeline (lihat gambar), maka timeline video akan berjalan. Untuk memperkecil/memperbesar tampilan timeline gunakan tombol (-) atau (+). Untuk kembali ke posisi video diawal klik tombol rewind timeline (sebelah play).


- Selanjutnya untuk memotong video yang ingin anda hilangkan, misalnya terlalu panjang atau kurang menarik lakukan cara berikut. Klik dulu tombol play di timeline dan biarkan timeline video berjalan, sampai bagian tertentu yang hendak anda potong, lalu klik pause untuk menghentikannya.


-Setelah video berhenti, klik tombol split disebelah kanan (di bawah layar display). Selanjutnnya klik kanan di tengah timeline video yang terpotong tadi, pilih remove.

- Sekarang memasukkan audio/musik. Klik Audio or music , lalu pilih nama file anda > import. Setelah termuat, klik kanan nama file audio > add to timeline, hasilnya file akan masuk di timeline Audio/music (dibawah video).

- Untuk merubah volume klik (tanda panah kebawah) di tulisan timeline, > Audio levels. Perhatikan penggunaannya, untuk menghilangkan suara yang mungkin ada di file video  dan anda ingin mengganti suara audio yang dimasukkan tadi, maka geser tombol ke kanan full. (geser kekiri untuk hasil sebaliknya).


- Selanjutnya untuk menambah transitions atau effects, split dahulu bagian yang diinginkan,lalu klik transitions pilih jenis transitions yang diinginkan, klik kiri & tahan, lalu drag mouse ke posisi (garis) timeline video yang di split tadi, lepas mouse.

- Sementara untuk menambah title (tulisan) gunakan fasilitas titles and credits, lalu pilih yang anda inginkan.

Title at the beginning ( tulisan diawal video)
Title before the selected clip (sebelum bagian klip tertentu)
Title on the selected clip ( pas pada bagian klip tertentu)
Credits at the end (pada akhir klip)

- Silakan tulis kalimat dikotaknya dan anda bisa merubah jenis animations maupun text color, jika sudah pas klik add title.

- Untuk menyimpan pada publish to klik this computer (format WMV). Jika anda ingin merubah format file video ke jenis lain gunakan any video converter diatas.

Demikianlah secara ringkas tentang cara membuat video klip dengan menggunakan windows movie maker, anda bisa bereksperimen terus untuk mengeksplore dan semakin terlatih, selamat mencoba, sukses dan matur nuwun.

2 comments: