google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Mereset/mengganti Password pada Windows

Thursday, July 24, 2014

Cara Mereset/mengganti Password pada Windows

Untuk mereset atau mengganti password pada windows ada beberapa pilihan cara yang bisa digunakan. Bisa melalui safe mode untuk meremove password atau bisa juga menggunakan DVD installer melalui menu booting untuk merepair komputer. Kita simak cara mereset/mengganti password pada Windows, berikut ini.

Anda juga bisa menggunakan DVD installer Windows, yakni dengan booting menggunakan DVD tersebut. Silakan booting menggunakan DVD dan setelah jendela instalasi Windows  terbuka, pilih Repair your computer.

Ikuti petunjuk yang ada, kemudian pilih untuk membuka via Command Prompt.
Pada jendela Command Prompt , ketik perintah copy c:\windows\system32\sethc.exe c:\
(cara ini berguna untuk membuat file backup dari file “sethc.exe” jika terjadi kesalahan), selanjutnya tekan enter.

Selanjutnya kita perlu mereplace file sethc.exe yang ada pada direktori system32 menggunakan cmd.exe. Masih berada di jendela Command Prompt, sekarang ketik perintah copy c:\windows\system32\cmd.exe c:\windows\system32\sethc.exe lalu enter. Restart komputer.
Setelah komputer hidup dan Login Screen muncul, tekan tombol Shift keyboard 5 kali, dan selanjutnya akan tampil Command Prompt dilayar.

Langkah berikutnya adalah mereset password. Pada jendela Command Prompt ketik perintah  net user Nama Password  lalu enter. Selanjutnya dalam mengatur parameter  Nama dan Password, untuk Username gunakan saja Username yang ada pada User Login di layar desktop. Semoga berhasil.

Berikut cara lain meremove/mereset password pada Windows

I:
1. Nyalakan komputer dan saat mulai booting/terbuka segera tekan tombol F8 atau mungkin lainnya lalu pilih masuk menggunakan safe mode.
2. Pada mode safe mode, silakan masuk sebagai administrator.
3. Jika belum bisa masuk, buka control panel (klik start > control panel > user accounts...)
4. Silakan pilih user account yang menggunakan password, kemudian klik remove password.
5. Setelah itu Restart komputer dan anda telah berhasil masuk ke tanpa masalah lagi.

II.
Cara ini untuk mengakses komputer dengan Administrator lain/menggunakan administrator yang tersedia, untuk login pada komputer Windows. Pada tampilan login Windows, gunakan login user ke administrator lain different user administrator yang tersedia. Pada Windows 7, untuk beralih ke pengguna/administrator lain bisa dengan tekan (Ctrl + Del + Alt) dan klik Switch User. Untuk Windows 8, di layar login Windows, klik tanda panah di sebelah kiri gambar pengguna, maka akan ada tampilan daftar pengguna tersedia. Anda bisa pilih salah satu administrator yang ingat passwordnya. Silakan ketikan passwordnya dan tekan Enter untuk masuk ke komputer.

III.
Cara ini untuk mereset (atur ulang ) Password Pengguna. Beberapa cara bisa kita gunakan dan berikut cara selengkapnya.

Kita akan mengubah password pengguna yang mungkin anda lupa. Silakan masuk ke komputer Windows dengan administrator lain, kemudian buka ke Control Panel untuk mengubah password pengguna lain. Pada Windows 7 (Control Panel lalu pilih User Account dan Familiy Safety > User Accounts > Add or remove user accounts. Selanjutnya pilih salah satu akun administrator yang ingin diubah passwordnya. Klik Change the password  atau  Remove the password.

Jika anda menggunakan pilihan Change the password, silakan ketik password baru lalu konfirmasi.
Sedangkan untuk pilihan Remove the password, anda tinggal klik  di Remove password lagi maka password akan terhapus. Selanjutnya bisa mengatur password baru lagi untuk pengguna akun ini.

IV.
Cara lain adalah mereset password  dengan menggunakan Reset Disk. Masukkan saja sandi yang salah pada komputer, maka akan muncul link pesan Reset Password. Klik link tersebut lalu ikuti  password reset wizard. Klik Next kemudian masukkan disk reset password yang telah Anda sediakan. Pada pilihan opsi pilih password reset key disk lalu klik Next.  Silakan lanjutkan ke langkah berikutnya, password baru untuk pengguna ini dengan mengikuti petunjuknya.

V.
Cara lain adalah mereset password dengan Command Prompt. Masuk ke komputer Windows dengan administrator lain, dan buka Command Prompt, klik pada Command Prompt (Admin) lalu klik Yes. Selanjutnya ketik: Net User <nama pengguna <password baru>>  lalu tekan Enter untuk me-reset password baru.

Setelah Anda berhasil mengubah atau mengatur ulang password Windows, silakan restart komputernya. Pilih pengguna dengan password yang sudah di reset  untuk login ke windows. Semoga bisa bermanfaat dan membantu selamat bekerja.

9 comments:

  1. Makasih gan infonya, ngebantu banget buat yg belum ngerti, padahal segampang itu buat gantinya. Haha

    Ane juga bikin artikel seputar windows untuk mengatur password login windows dengan versi saya sendiri gan.

    ReplyDelete
  2. kalo administratornya dikunci, berarti ndak bisa guna cara 1 ya min? Website Gratis

    ReplyDelete
  3. Makasih bgt bro info nya, sangat bermanfaat. hehe
    Jangan Lupa mampir ke blog ane ya Lowongan Kerja PT Pamapersada Nusantara

    ReplyDelete
  4. klo misalkan 2 user?terus file nya di pindah k user yang bisa di pindah,,bisa ndak?

    ReplyDelete
  5. kok gak bisa ya ngubah passwordnya klo lewat command prompt

    ReplyDelete
  6. Kalau mau menghilangkan password BIOS pada Windows 7 Ultimate sama saja atau ada cara lainnya mas ?
    Mohon cepat balas mas...

    ReplyDelete
  7. Kalau mau menghilangkan password BIOS pada Windows 7 Ultimate sama saja atau ada cara lainnya mas ?
    Mohon cepat balas mas...

    ReplyDelete