google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Mengatasi Laptop/PC Tidak Bisa Shutdown

Thursday, 12 December 2013

Cara Mengatasi Laptop/PC Tidak Bisa Shutdown

Mungkin anda pernah mengalami komputer atau laptop tidak bisa Shutdown/mati. Jalan pintas kita harus mematikan dengan cara paksa yakni tekan tombol power. Namun jika ini terlalu sering, akan tidak baik untuk perangkat kita. Kita coba langkah berikut cara mengatasi Laptop/PC tidak bisa Shutdown.

Masalah/penyebab Laptop tidak bisa shutdown:

~ Pertama karena registry Fast Shutdown dalam kondisi aktif. Silakan buka registry dan non-aktifkan Fast Shutdown.

~ Gunakan setting BIOS keposisi default saja, karena bisa saja penyebabnya adalah setting tertentu pada BIOS yang menyebabkan kondisi seperti ini.

~ Bisa juga karena antivirus yang anda gunakan tidak cocok atau menggunakan antivirus lebih dari satu. Ini tidak baik untuk komputer anda, gunakan cukup satu antivirus yang sesuai dengan OS.
  
~ Saat anda mematikan komputer, masih ada program yang sedang berjalan/aktif. Pada windows XP, 8 biasanya akan muncul perintah untuk menutup barulah bisa di shutdown.

~ Terjadi konflik pada Device driver yang tidak kompatibel atau rusak. Silakan cek dan periksa device driver yang Anda pasang, bisa jadi ini penyebabnya.

~ Masalah pada VGA card. Mungkin ada kesalahan adaptor video pada IRQ dalam modus real. Silakan diganti VGA card baru.

~ Setting komputer yang yang tidak pas (yang mendukung Advanced Power Management), bisa juga menjadi penyebabnya. Pada Windows XP, secara default, fitur ini tidak aktif. Tapi jika anda melakukan upgrade Windows XP dan pada BIOS di komputer Anda, diatur pada posisi APM, akan menjadi masalah pada komputer ketika di shutdown, karena komputer berhenti merespons. Jadi silakan dicek secara teliti.

Coba lakukan cek seperti berikut ini:

1. Buka RUN (klik Start > Run > ketik regedit > OK/enter)
2. Masuk di HKEY_CURRENT_USER > Control Panel > Desktop
3. Dobel klik pada PowerOffActive, lalu ubah nilainya menjadi 1.

Semoga cukup jelas tips mengatasi laptop tidak bisa Shutdown/mati. Jika berbagai cara ini tidak bisa juga, terpaksa harus dimatikan melalui tombol power. Terima kasih, selamat bekerja, sukses selalu untuk anda.

1 comment: