google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Trik Merubah Foto Menjadi Efek Kartun Retro Unik

Monday, 29 December 2014

Trik Merubah Foto Menjadi Efek Kartun Retro Unik

Ini cara saya merubah foto menjadi efek kartun retro. Bagi yang hoby edit foto merubah foto menjadi efek kartun retro seperti gambar sampul buku, novel, komic dan sebagainya, trik ini lumayan bagus untuk digunakan membuat efek foto menjadi seperti kartun retro yang menarik. Saya mau berbagi trik bagi yang belum tau aja ya, buat yang udah pinter, mohon koreksinya.

Langkah saya dalam merubah foto menjadi efek kartun retro:

Saya buka foto teman saya (Lia, saya pinjam fotonya) dan juga gambar yang akan dijadikan background.(buat dulu foto dan background memiliki ukuran yang sama).


Seleksi foto, lalu gabungkan dengan gambar background. Bisa berbagai cara untuk ini. Saya memakai cara seleksi foto (bagian badan) dengan quick selection tool. Sebelumnya saya buat ukuran background sama atau sedikit lebih besar dari foto.

Setelah foto terseleksi, klik move tool, lalu klik di background. Lalu saya drag background ke foto. Terus tekan delete untuk menghapus layer yang menutupi di bagian foto/badan. Klik Select > deselect

hasilnya seperti ini


Gabungkan dengan menggunakan Ctrl+Shitf+E pada keyboard, ( cara lain seleksi dan menggabungkan gambar, boleh baca disini, silakan ).


Bisa juga kita tambahkan efek gradien seperti gambar berikut. Untuk cara ini seleksi gambar/badan terlebih dahulu, lalu klik Select > Inverse. Lalu duplicate layer (klik kanan background layer; duplicate layer) Klik layer > new fill layer > gradient...> langsung OK > klik pada gradient lalu pilih kotak warna yang diinginkan (pada gradient type pilih solid) > langsung klik OK. Pada pilihan '' Angle '' putar tanda jarumnya (bebas) lalu OK . Ubah blending mode menjadi Multiply. Haluskan bagian tepi foto dengan clone stamp tool atau smudge tool. Jika sudah bagus gabungkan layer (Ctrl+Shitf+E).


Untuk contoh kali ini saya pakai gambar pertama saja. Lanjut, setelah itu klik di Filter > filter gallery > Artistic > Poster Edges
Saya ubah nilainya seperti ini (nilai bebas sesuai keinginan), Edge Thickness 7, Edge Intensity 1, Posterization 2 , lalu OK.


Kembali ke Filter > Topaz Lab > Topaz > Flatstyle. Atur parameter sesuai hasil gambar terbaik. Kira-kira Strenght = 8, Thershold = 1,2. lalu OK. O iya, untuk Topaz lab kita harus instal dulu karena ini merupakan pluggin tambahan, bisa download cari di google.


Untuk menajamkan warna, saya pilih adjustments layer dengan pilih hue saturation ( nilai saturation : +20) dan pakai vibrance ( nilai vibrance : +25 ).


Masih di Adjustment layer, saya menggunakan Gradient Map, lalu pilih pallet gradient seperti gambar di bawah ini. Untuk blending mode saya ganti menjadi softlight, opacity-nya menjadi 50%. Terus gabungkan layer dengan tekan Ctrl+Shift+E.


Selanjutnya membuat efek Color Halftone dengan cara membuat duplicate layer, (klik kanan background/layer > duplicate layer). Setelah itu klik Filter > Pixelate > Color Halftone (saya pilih nilai 4 pixel).

Blending mode diganti menjadi soft light dan opacitynya  sekitar 70%. Setelah OK gabungkan layer, lalu simpan gambar (save as).


Jika kita ingin efek retro (bintik-bintik) tidak muncul di wajah dan hanya muncul di background saja, tinggal di masking dulu sebelum gambar(layer) digabungkan. Sehingga seperti ini.



Silakan pilih dari dua hasil diatas. Kalo mau ambil/download fotonya, tinggal klik kanan foto > save image as  > simpan. Itu saja yang saya bisa, cara merubah foto menjadi efek kartun retro, dan mudah-mudahan sharing ini berguna buat sahabat semua.

No comments:

Post a Comment