google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara reset BIOS ke awal & kembali Normal

Monday, 2 November 2015

Cara reset BIOS ke awal & kembali Normal

Cara reset BIOS kembali Normal ke kondisi awal. Ada kalanya anda harus pakai cara mereset BIOS untuk mengatasi computer yang bermasalah, seperti tidak bisa booting atau masuk ke BIOS itu sendiri. Cara mereset bios yang benar akan mempermudah anda dalam melakukan reparasi PC, laptop di langkah berikutnya seperti install ulang dan lainnya. Cara mereset bios yang benar dan berhasil adalah seperti berikut.

Cara reset BIOS kembali ke awal (normal) ini penting sekali karena jika salah, maka anda tidak bisa menjalankan langkah selanjutnya dalam memperbaiki system dan menganalisa kerusakan lainnya pada computer tersebut, bahkan jika terjadi kesalahan fatal dapat menyebabkan BIOS atau komponen motherboard lainnya rusak, maka tentu harus berhati-hati. Mereset BIOS kadang juga diperlukan untuk mengatasi komputer tidak bisa booting (dibuka).

Pertama cabut charger dari sumber listrik dan juga cabut kabel power supply (24-pin power cable) di motherboard komputer anda.

Buang habis sisa-sisa arus listrik dengan cara menekan tombol power on pada computer beberapa detik.

Bentuk baterai seperti baterai jam tangan (bulat). Langkah berikutnya anda cari tombol atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS. Ada bermacam jenis jumper yang saat ini digunakan pabrik. Ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin.

Untuk mereset BIOS yang menggunakan tipe jumper 3 pin, caranya pindahkan posisi jumper ke sisi lainnya (geser). Jika tipe jumpernya 2 pin, maka anda tinggal menjumper kedua pin tersebut yaitu menghubungkan kedua pin jumper tersebut bisa dengan obeng atau lainnya. Intinya membuat kedua pin menjadi short.

Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut. Setelah berhasil kembalikan lagi posisi jumper seperti kondisi semula. Kemudian pasang kembali semua kabel yang anda lepas. Pastikan semua terpasang dengan baik dan benar kemudian silakan anda hubungkan komputer ke sumber listrik.

Jika masalah bersumber pada BIOS dan anda melakukan reset secara benar (berhasil) maka  BIOS akan kembali ke posisi semula. Sekarang Anda bisa menjalankan langkah berikutnya, pada beberapa kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, mereset BIOS, bisa mengatasi komputer menjadi normal kembali.

Nah, apabila cara reset BIOS diatas tidak berhasil, lakukan kembali langkah di awal (cabut sumber listrik dan buang habis sisa arusnya), kemudian cabut baterai BIOS, lalu lakukan kembali langkah jumper hingga selesai.

Jika masih belum berhasil juga, ulangi kembali langkah diatas (putus listrik dan buang  sisa arusnya), silakan cabut semua kabel power supply pada motherboard, lepas baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer. Lakukan jumper hingga selesai.

Masih belum berhasil, lakukan kembali langkah seperti diatas, kemudian lepas semua komponen pada motherboard seperti Processor, RAM dan VGA Card. Bersihkan motherboard dari kotoran yang masih nempel, kemudian ulangi langkah diatas (putus listrik dan buang  sisa arusnya), setelah selesai diamkan dulu selama 1 jam atau lebih. Kemudian baru anda lakukan jumper pin hingga selesai.

Masing-masing laptop/PC berbeda-beda, anda juga bisa pakai cara ini jika belum berhasil, yaitu dengan melepas baterai BIOS-nya saja (yang lain tidak perlu), lalu dalam kondisi tanpa baterai BIOS, silakan nyalakan laptopnya. Setelah menyala maka akan muncul peringatan ERROR...tidak mengapa, ini artinya BIOS sudah berhasil di-reset.

Penyebab-komputer-tidak-bisa-dibuka/booting
Sekian tips cara reset BIOS yang bisa saya informasikan, semoga cukup jelas dan bermanfaat.

2 comments:

  1. ketika kita mereset kembali, apa kah data yang ada ikut menghilang??

    buruan beli jilbab syar'i modis terkini serta trending topik di fashion muslimah

    ReplyDelete
  2. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agne.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    ReplyDelete