google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Contoh Trik Membuat Efek3D Dengan Photoshop

Sunday, 22 March 2015

Contoh Trik Membuat Efek3D Dengan Photoshop

Satu contoh cara membuat efek3D dengan Photoshop yang bisa kita pelajari. Untuk membuat efek 3D memang banyak teknik dan trik yang bisa digunakan dan juga tergantung gambar yang akan kita buat efek 3D. Imaginasi juga sangat penting untuk membuat efek3D menjadi hidup.

Trik yang saya pakai untuk membuat efek3D kali in:

1. Buka gambar TV lalu buat seleksi di bagian layar. Bisa pakai pen tool polygonal lasso tool atau lainnya (untuk cara membuat seleksi bisa anda  simak di trik lainnya).


2. Selanjutnya klik kanan pada area seleksi tadi (layar) lalu pilih feater, ubah nilai feather radius dengan 1. Kemudian klik icon created new fill or adjustment layer dan pilih solid color, pilih warna merah (untuk membuat patokan dan mempermudah proses). Ubah nilai opacity pada layer color fill 1 menjadi 60% (untuk sekedar tips, silakan sorotkan mouse ke obyek tertentu untuk melihat namanya).


3. Selanjutnya klik Layer Background dulu, lalu kita buka gambar berikutnya yaitu naik kuda. Kita akan pindahkan gambar naik kuda ke kanvas gambar TV dengan cara seperti berikut:

- Tekan tombol ctrl+a , maka gambar kuda akan terseleksi
- Lanjutkan lagi tekan ctrl+c (ini perintah untuk copy gambar kuda)
- Tekan ctrl+w (gambar kuda akan ditutup) dan tinggal layer gambar tv.

4. Selanjutnya tekan ctrl+v , maka layer gambar tv akan terisi gambar kuda tadi. Lalu pada layer color fill 1 (warna merah) ubah opacity kira-kira 60%.



5. Dengan posisi Layer 1 terpilih ( gambar kuda) kemudian tekan ctrl+t untuk membuat Free Transform, dan drag, ubah posisi (putar) maupun besar ukuran gambar sehingga seolah-olah gambar keluar dari TV. setelah dirasa OK tekan Enter.


6. Langkah selanjutnya kita buat seleksi pada layer1yaitu bagian yang keluar dari layar atau yang berada diluar warna merah, atau lebih jelasnya bagian yang nantinya seolah olah keluar dari layar TV. Untuk cara ini kita gunakan polygonal lasso tool, klik pertama kita mulai pada bagian area yang berwarna merah, kemudian untuk klik seterusnya mengikuti gambar yang akan diseleksi mengelilingi hingga kebagian akhir seleksi juga di dalam area warna merah, untuk klik terakhir dengan double klik agar menjadi terseleksi.

7. Setelah pas, lalu tekan Ctrl+J untuk membuat duplikasi area yang terseleksi pada layer1, sehingga terbentuk satu layer baru (layer 2) yang hanya berisi area yang telah kita buat seleksi tadi (bagian yang keluar dari layar)


8. Selanjutnya tekan+tahan tombol Alt, kemudian klik layer mask thumbnail pada layer color fill 1, kemudian drag layer mask thumbnail ini dan letakkan disamping gambar kuda (layer 1) dan layer mask thumbnail juga akan muncul di sebelah layer 1.


9. Selanjutnya kita sembunyikan layer pada layer color fill 1 caranya klik layer color fill 1, lalu klik menu Layers > Hide Layers (warna merah kanvas akan hilang)


10.Untuk langkah ke 10 ini, merupakan tips saja jika anda menggunakan gambar lain, yang mungkin perlu digunakan. Untuk merapikan bagian gambar dilayar bisa pakai trik ini. Klik Layer 1 dulu, kemudian tekan ctrl+j, akan terbentuk satu layer baru yang bernama layer 1 copy di atas layer 1, pilih brush pada toolbox,tekan tombol [D] pada keyboard kemudian tombol [X] pada keyboard untuk merubah warna foreground menjadi warna putih, lalu klik di layer thumbnail nya layer 1 copy. dan sapukan brush ke layer masking sehingga bagian debu dari gambar motor tampak keluar dari area maskingnya.

11.Jika ada bagian background yang harus dibersihkan silakan klik di Layer Thumbnail yang hendak dibersihkan backgroundnya, lalu gunakan background erase tool. Dalam menggunakan trik ini kita harus memperhatikan pengaturan di opsi background erase dengan tujuan agar nantinya bagian background tersebut dapat terhapus dengan baik.

Sebagai contoh pengaturan di opsi background seperti berikut:
sampling : once 
limits : discontiguos
Tolerance : 68 dan centang Protect Foreground Color.

12.Cara penggunaan untuk menghapus warna background adalah; tekan dan tahan tombol alt lalu klik sekali tepat di area sample color background, setelah itu lepaskan. Jika kita lihat di box foreground warnanya akan berubah  menjadi warna seperti warna sample yang telah kita pilih tadi. Selanjutnya klik lagi di area background, tahan mouse sampai area warna background terhapus.

13.Selanjutnya kita buat efek 3D lebih hidup (memunculkan efek pantulan sinar layar kaca). caranya sbb : Klik di Layer Background lalu tekan ctrl+j sehingga muncul duplicate Layer (Layer background copy).

14.Selanjutnya kita buat layer mask ke dalam layer background copy, sama seperti layer mask di ( layer 1 & Color Fill 1 ) dengan cara tekan/tahan tombol alt lalu klik Layer Mask Thumbnail Layer 1 selanjutnya drag ke Layer Background Copy.


15.Langkah selanjutnya, pindahkan posisi layer background Copy menjadi berada di atas Layer 2. Blending mode ganti ke hard Light.


16.Agar pantulan sinar kaca tampak lebih real kita lakukan langkah berikut; buat masking pada layer background copy, (pastikan warna Foreground berwarna Hitam), lalu klik Layer mask Thumbnail (Layer background Copy)

17.Sapukan Brush ke area yang ingin kita sembunyikan (bagian layar). Selanjutnya untuk mempertegas hasil, Klik icon Create New Fill or Adjusment Layer pilih Color balance, lalu atur nilai dari Color Balance baik itu: Highlight, midtones, maupun Shadows.

18.Sekarang drag Layer Color Balance ke posisi paling atas, kemudian gabungkan semua layer (klik kanan Color Balance > merge visible) dan atau flatten image. Selanjutnya silakan save as (as.jpg). Untuk membuat background hitam, kita seleksi dulu gambar TV, kemudian pilih select > inverse, lalu klik edit > fill > pilih black > OK.


Efek 3d yang dihasilkan kurang lebih seperti diatas. Bagian kepala dan kaki dibuat lebih terang seolah menembus atau keluar dari layar TV. Sekian, mudah-mudahan bermanfaat, bisa saling berbagi pengalaman tips photoshop.

3 comments:

  1. thanks om tutornya jdi semangat ngedit di ps nih ;)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak gan atas pengetahuanya, Salam kenal dan jangan lupaa followbacknya gan,.,.

    ReplyDelete
  3. terimakasih gan atas ilmunya,semoga sukses diluar sana

    ReplyDelete