google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Sukses Reset BIOS Motherboard Komputer

Monday, 30 March 2015

Cara Sukses Reset BIOS Motherboard Komputer

Cara reset BIOS motherboard komputer harus benar agar sukses dan tidak berakibat kerusakan pada komponen yang lain. Kesalahan langkah dalam reset BIOS motherboard komputer atau kurang sempurna mereset BIOS maka tidak akan berhasil di membuat komputer booting. Cara mereset BIOS komputer yang benar harus kita perhatikan.

Langkah langkah dalam mereset BIOS Komputer:

1. Pertama lepaskan dulu semua kabel yang berhubungan dengan sumber listrik seperti mencabut kabel charger dari stop kontak dan kabel power supply (24-pin power cable) di motherboard.

2. Setelah dicabut, tunggu beberapa saat hingga arus listrik hilang/habis sempurna. Silakan Anda tekan tombol power on komputer untuk mempercepat pembuangan arus listrik yang tersisa.

3. Selanjutnya cari tombol jumper yang ada tulisan CLR CMOS. Perhatikan model jumpernya apakah terdiri dari 3 pin atau 2 pin. Jika model jumper terdapat tombol, untuk meng-clear CMOS (melakukan proses jumper), anda cukup dengan menekan tombol tersebut. Untuk tipe lain seperti jumper 3 pin, terlebih dahulu geser/pindahkan posisi jamper ke sisi yang lainnya. Untuk tipe jumper 2 pin, maka anda tinggal menjumper (menghubungkan) kedua pin tersebut, bisa menggunakan obeng untuk menjumper pin tersebut. Tujuan jumper adalah agar kedua pin menjadi terhubung (short). Biarkan hingga beberapa detik dulu, jangan dilepas.

4. Setelah beberapa saat dijumper, lalu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula (untuk tipe 3 pin) dan untuk tipe 2 pin cabut jumpernya.

5. Silakan pasang kembali kabel power supply di motherboard secara benar dan kuat, kemudian hubungkan komputer ke sumber listrik.

6. Jika gangguan terdapat pada BIOS dan reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula dan cara diatas bisa mengatasi kerusakan komputer tidak bisa booting. Silakan coba nyalakan kembali komputernya. Jangan lupa terkadang kita perlu mengulangi lagi proses diatas karena mungkin proses reset pertama belum berhasil.

7. Proses ini belum tentu langsung  berhasil, sehingga anda perlu mencoba lagi, silakan ulangi lagi dengan mencabut semua kabel arus baik di stop kontak maupun kabel 24pin di motherboard. Kemudian tekan kembali tombol power on untuk memastikan sisa arus agar terbuang habis.

8. Setelah itu, silakan lepaskan dulu baterai BIOS dan Memory (RAM) Komputer, kemudian lakukan kembali proses jumper seperti cara diatas.

9. Jika langkah diatas belum juga berhasil, sebagai langkah terakhir, lakukan kembali proses  pencabutan kabel sumber arus, buang sisa sisa listrik di motherboard (tekan tombol power on)lalu lepas semua komponen seperti Processor, RAM dan Card lainnya seperti VGA Card. Jangan lupa bersihkan dari kotoran setelah itu diamkan dulu kira-kira 30 menit. Kemudian ulangi lagi langkah proses jumper hingga selesai.

Untuk tipe lain

Jika terdapat 3 pin (pin 1, pin 2, pin 3) caranya sebagai berikut:
Pada posisi normal pin yang terhubung adalah pin 1 dan pin 2. Nah, untuk mereset BIOS, maka putuskan jumper antara pin1 dan pin2 lalu ganti (pindahkan) jumper tersebut ke pin 2 dan pin 3, artinya pin yang dihubungkan adalah pin2 dan pin3)

Setelah melakukan jumper pin 2 dan pin 3, kemudian hidupkan PC, dan biarkan kira-kira setengah menit/lebih, setelah itu matikan kembali PC.

Selanjutnya setelah PC mati, kembalikan lagi posisi Jumper ke posisi semula yakni jumper pin 1 dan pin 2.

Hidupkan kembali PC, dan selanjutnya PC akan meminta untuk setting Bios, tekan tombol(sesuai perintah dari tampilan).

Pilih saja setting Bios ke Optimise Default system Bios, tekan tombol F... yang berfungsi save changes adn exit. Selanjutnya PC akan Restart.

Langkah diatas merupakan langkah yang bisa kita lakukan jika gangguan terdapat pada BIOS cara reset BIOS motherboard komputer yang bisa kita jalankan. Semoga bermanfaat.

2 comments: