google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Membuat Sketsa Foto Dengan Photoshop

Tuesday, 10 March 2015

Cara Membuat Sketsa Foto Dengan Photoshop

Trik photoshop, cara membuat sketsa foto dengan photoshop atau efek sketsa wajah. Membuat sketsa foto dengan photoshop butuh ketelatenan untuk bisa menghasilkan sketsa yang di inginkan. Disini anda membuat secara manual artinya tidak menggunakan efek plugin yang tinggal menerapkan atau tinggal pasang. Mungkin ada juga cara membuat sketsa foto secara online, tetapi buat saya kurang OK. Cara membuat sketsa foto dengan photoshop atau sketsa pensil wajah ini dilakukan satu persatu pada detailnya. Jadi harus teliti dan sabar.

Cara membuat sketsa foto dengan Photoshop yang saya lakukan adalah seperti berikut, cukup mudah namun perlu waktu yang lumayan lama karena harus melakukan satu persatu untuk membuat garis detailnya, langsung ke TKP, cara yang saya gunakan untuk membuat sketsa foto dengan Photoshop.

Pertama saya buka fotonya (tanks buat Jovita), klik Image > Adjusment > Desaturate.

Kedua klik di Image  > Adjusment  > Level. Atur nilainya untuk hasil yang terbaik.

Ketiga, saya buat Layer Baru (create a new layer) dan isi dengan warna Putih. Jika belum tahu caranya, silakan klik di icon create a new layer (kanan bawah), maka akan muncul layer1, selanjutnya klik menu Edit > Fill dan pilih white > OK. Atur nilai Opacity layer kira-kira 30%  atau sesuai keperluan.

Keempat, saya gunakan Eraser Tool untuk membersihkan area wajah, agar wajah tetap tampak jelas.

Kelima, saya menggunakan Pen Tool, untuk membuat detail garis sketsa. Disinilah letak ketelatenan dibutuhkan. Berikut contoh hasil dari pen tool.


Untuk tips cara menggunakan pen tool adalah seperti berikut; 
-Klik di titik pertama, kemudian klik dititik kedua,,,jangan dilepas, lalu geser-geser mouse dan perhatikan perubahan garis melengkung yang terbentuk, usahakan tepat mengikuti garis yang akan dibuat sketsa. 

-Setelah garisnya sudah tepat/pas, lepaskan mouse, kemudian klik sekali lagi dititik yang sama (titik saat mouse dilepas tadi). Kemudian tekan tombol Ctrl+Z di keyboard. Lanjut dengan klik icon brush (ubah size antara 3-5) atau sesuai kebutuhan, dan juga opacity silakan sesuaikan nilainya. 

-Lanjutkan lagi dengan klik di pen tool, kemudian klik kanan pada garis yang baru dibuat tadi, lalu pilih Stroke Path > pada Brush centang Simulate Preassure > OK, lalu tekan Delete dua kali (hingga path hilang)

Keenam untuk tahap Finishing. Anda bisa menggunakan tool lain untuk mempertegas hasilnya. Seperti misalnya saya pakai Brush Tool warna putih dan opacity 20% yang saya sapukan pada foto. Selanjutnya saya menggunakan Sharpen Tool untuk membuat gambar lebih tajam. Silakan eksplore dengan tool yang lain.
HASIL

Ya, sekian dahulu berbagi informasi dari saya cara membuat sketsa foto dengan TRIK Photoshop, mudah-mudahan bermanfaat dan selamat berkarya.

No comments:

Post a Comment