google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Trik Photoshop Membuat Manusia Berwajah Kulit Ular

Monday, 8 December 2014

Trik Photoshop Membuat Manusia Berwajah Kulit Ular

Bingung membuat judul, intinya kita akan belajar dengan photoshop merubah wajah orang menjadi wajah kulit ular atau manusia berkulit ular atau apalah judulnya. Ini hanya trik photoshop yang bisa kita pelajari untuk memanipulasi gambar dengan menggabungkan beberapa gambar dan trik tertentu photoshop. Berikut contoh hasil manipulasi gambar yang telah dibuat.

1. Buka gambar 1 yang akan kita edit, lalu buat seleksi pada gigi untuk membuat taring dengan cara klik free form pen tool. Klik kiri & tahan pada area gigi lalu drag membentuk gambar taring. Setelah itu klik kanan pada area seleksi tadi lalu pilih make selection dan ubah feather radius jadi 1 pixel, lalu OK, maka akan menjadi garis putus-putus.


2. Selanjutnya gunakan clone stamp tool (klik kanan gambar stempel, pilih clone stamp tool). Ubah dulu size kira-kira 7 dan opacity 30 %. Setelah itu tekan sambil tahan tombol Alt, terus klik di area gigi untuk mengambil sampel warna, dan setelah itu lepas tombol Alt.


3. Drag mouse (tekan/tahan) berulang-ulang di area seleksi tadi (garis putus-putus) hingga warna gigi sempurna membentuk taring. Perhatikan icon + akan turut bergerak mengikuti arah mouse anda dan warna yang dilalui icon + adalah warna yang akan tercopy di area drag. Pastikan tanda + tetap ada di area gigi agar warna yang di cloning tetap warna gigi tersebut. Untuk merubah posisi area seleksi dengan clone stamp tool ulangi lagi seperti cara diatas (no 2).


4. Jika langkah diatas sudah selesai, klik menu select > deselect. Jika warna taring belum sempurna lakukan lagi cara cloning seperti langkah 2 tadi. Cara cloning ini juga bisa kita gunakan untuk merapikan bagian tertentu, dengan membuat seleksi warna yang senada, mengatur size dan opacity, lalu drag di area yang akan kita rapikan. Cara lain untuk merapikan jika bentuk taring kurang bagus adalah menggunakan hand tool (H) caranya klik kanan icon telapak tangan, pilih hand tool. Ubah size jadi kecil lalu drag mouse di area yang ingin dirapikan.

5. Selanjutnya kita buka gambar ke 2, kulit ular. Seleksi dengan menggunakan rectangular marquee tool atau bisa juga pen tool (bebas). Drag mouse hingga membentuk seleksi seluruh gambar (garis putus-putus).


6. Klik tombol move tool, arahkan mouse ke gambar kulit ular, tekan/tahan lalu drag mouse ke gambar 1. Drag di icon kotak kecil di pinggir gambar untuk memperbesar gambar kulit ular hingga menutupi seluruh area wajah gambar 1.

7. Lihat tombol Normal di atas layer 1 (sisi kanan), ganti dari Normal menjadi Multiply, lalu ubah opacity sesuai keinginan (misal 75%), Jika sudah, klik tombol path selection tool (icon panah) lalu klik Apply.


8. Sekarang klik di layer 1 (gambar kulit ular). Kemudian klik tombol add a layer mask (lihat di bagian bawah dari layer 1) silakan sorot icon, maka akan muncul tulisan/nama. Sekarang muncul kotak putih di sebelah gambar kulit ular. Pastikan terseleksi (klik) di kotak putih tersebut.


9. Jika sudah, klik tombol brush tool, atur size dan opacity-nya, lalu brush di area mulut, gigi  dan sekitarnya untuk menghapus (masking) warna kulit ular yang tidak diperlukan. Sebelumnya pastikan warna foreground-nya hitam dan background-nya warna putih. (atau tekan tombol D dan pastikan hitam ada diatas putih, bisa diubah dengan klik tanda panah dua arah didekatnya) atau lihat gambar. Silakan brush berulang-ulang hingga bersih sempurna.


10. Dengan menambah effect warna dan dirasa sudah OK, maka tinggal save hasilnya dengan klik kanan di layer 1 > merge down. Terakhir silakan simpan ( file > save as > As copy > JPG).


HASIL GAMBAR YANG SAYA BUAT DENGAN CARA DIATAS



MANUSIA HARIMAU


Kita butuh mencoba dan belatih untuk mencapai hasil yang bagus. Selamat mencoba dan sekian postingan kali ini, salam Indonesia.

Cara memotong foto & ganti background Photoshop
Cara merubah warna rambut dengan Photoshop

No comments:

Post a Comment