google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Caraku Mengganti Wajah Dengan Wajah Orang Lain Photoshop

Thursday, 11 December 2014

Caraku Mengganti Wajah Dengan Wajah Orang Lain Photoshop

Caraku mengganti wajah pada foto, edit foto dengan menggunakan Adobe Photoshop. Bagi yang hobi utak atik gambar atau foto, pingin mengedit atau membuat manipulasi gambar dengan photoshop tentu nggak asing lagi dengan cara mengganti wajah dengan wajah orang lain menggunakan teknik Adobe Photoshop. Untuk sekedar Sharing saya menulis postingan kali ini, cara mengganti wajah pada foto, edit foto dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Kita akan mencoba belajar mengganti wajah dengan wajah orang lain: (Excuse me, mohon ijin untuk Trizkha... pinjam fotonya...thanks!)

Pertama saya buka: foto (Aliando+Prilly) dan Triskha.

mengganti wajah photoshop

Saya ubah dulu warna foto Trizkha, biar senada dengan Aliando+Prilly dengan cara menggunakan Rectangular marquee tool untuk membuat garis seleksi (biar cepat). Lalu pilih Image > adjustment > color balance dan atur nilainya. Jika kurang pas, bisa juga ditambah pilihan lain, dari Image > adjustment lalu pilih brightness/contrast, atau vibrance atau Hue/saturation.

Saya membuat seleksi wajah seperti contoh gambar dengan freeform pen tool (karena cukup rumit), dengan cara drag mouse mengikuti garis wajah (mengelilingi) hingga ketemu lagi dititik yang sama. Setelah selesai membuat garis, klik kanan di dalam area seleksi wajah tadi > make selection > atur nilai 5 pixel > OK. Gambar yang terseleksi berubah dengan garis putus-putus.

SELEKSI WAJAH

Terus saya klik Move tool hingga muncul kotak transform (show transform control, pastikan tercentang) pada gambar Trizkha. Arahkan mouse ke gambar Trizkha atau kedalam area garis putus-putus (muncul icon gunting) lalu drag mouse ke gambar Aliando+Prilly.

DRAG POTONGAN WAJAH

Lalu saya drag mouse di titik pengatur size (pinggir kotak transform) untuk memperkecil gambar lalu saya sesuaikan posisinya dengan wajah Prilly. Untuk mengatur kemiringan (rotate) sorot bagian sudut luar dari kotak transform (muncul icon panah dua arah) klik/tahan lalu geser. Nah, setelah OK saya klik Path selection tool (A) Terus pada tulisan layer 1, klik kanan > merge down.

ATUR POSISI & SIZE


POSISI TOOL

Sekarang giliran merapikan gambar, dengan menyamarkan warna tepi rambut. Bisa menggunakan variasi tool seperti smudge tool, clone tool atau burn tool. Untuk cara menghaluskan wajah saya posting di blog saya yang lain silakan klik sini. cara smudge tool cukup dengan tekan & tahan sambil drag mouse sesuai keinginan. Atau jika anda pingin membaca cara memotong gambar lebih jelas bisa klik disini.

Seperti gambar dibawah, saya samarkan bagian tepi rambut dan wajah Trizkha agar tampak menyatu dengan menggunakan smudge tool, cukup menggunakan nilai yang kecil saja (misal size 8 dan strength 10) dan lakukan berulang-ulang hilang terlihat halus. Bisa juga menggunakan clone stamp tool dan juga burn tool (sesuaikan nilainya) dan menggunakan nilai dibawah 10 saja. Kemudian agar warna rambut atas dan bawah sama, saya clone warna rambut atas dan drag di rambut bagian bawah. Cara clone adalah klik kanan icon gambar stempel lalu pilih clone stamp tool, terus tekan tombol Alt, lalu klik di rambut yang diinginkan (akan menjadi sampel warna rambut),lalu lepas Alt dan drag mouse dirambut bagian bawah (berulang-ulang)hingga sesuai. Setelah saya anggap semua OK, saya simpan di file > save as dengan format bisa JPG atau PNG.



HASIL FOTO



Saya menggunakan tool ini untuk membuat trik seperti diatas:

Quick selection tool (W), Rectangular marquee tool dan Freeform pen tool (P); Untuk sembuat seleksi bagian gambar yang kita inginkan. Keduanya mempunyai fungi yang sama, tergantung lebih enak yang mana yang harus kita gunakan. Quick selection tool  adalah cara cepat untuk membuat seleksi, (cukup tekan/drag mouse) pada gambar, namun kadang-kadang hasilnya mungkin kurang akurat, sehingga kita butuh menggunakan Freeform pen tool untuk membuat seleksi secara manual.

Clone stamp tool (S): Ini digunakan untuk cloning bagian tertentu dari gambar yang kita inginkan, atau bisa diartikan mengcopy bagian dari gambar yang telah kita pilih dan ingin kita gunakan diarea lain. Misalnya kita ingin mengcopy rambut disebelah kiri dan akan kita pasang untuk rambut sebelah kanan maka kita bisa gunakan cara ini. Caranya, tekan&tahan tombol Alt, lalu klik mouse di tempat yang ingin dijadikan sumber (mengambil sampel) lalu lepas tombol & mouse. Geser mouse ke area yang kita inginkan, lalu drag berulang-ulang (atur size dan opacity-nya)

Smudge tool: Tool ini dapat membantu kita untuk menyamarkan bagian tertentu agar terlihat rapi, bisa juga untuk membaurkan warna seperti kalau kita sedang melukis. Membuat aksen tertentu sesuai warna yang telah kita pilih(drag). Misal kita ingin membuat helai ujung rambut tampak lebih menarik, maka bisa gunakan tool ini. Atur size-nya dan drag perlahan. Kita bisa coba-coba dulu saja dan untuk mengembalikan ke hasil sebelumnya (awal), tinggal klik Edit > step backward.

Brush tool: Paling sering digunakan untuk mengedit gambar. Misal tool ini berfungsi untuk menghaluskan wajah atau bagian lainnnya. Untuk menghaluskan wajah dengan cara tekan ctrl + J untuk membuat duplicate layer. Klik (pindah) di layer asli (yang dibawah) lalu klik filter > blur > gaussian blur > beri nilai 7 > OK. Sekarang klik lagi, layer yang diatas (hasil duplicate tadi) lalu klik tombol add layer mask (ada dibawah kotak layer, pojok kanan bawah). Klik brush tool, atur size dan opacity-nya sebaiknya kurang dari 10. Mulai brush di area yang akan dihaluskan. Ulangi berulang-ulang. Burn tool berfungsi juga untuk menyamarkan bagian tertentu selain cara diatas. Ini sering kita gunakan untuk cara menghaluskan wajah dengan photoshop.

Untuk cara lain baca "Cara 2 Mengganti Wajah Menggunakan Adobe Photoshop"

Cara Lain Mengganti Wajah Dengan Adobe Photoshop

Untuk merapikan gambar agar lebih real dan halus saya gunakan juga burn/dodge tool, masking menghaluskan wajah dan lainnya. Ternyata dengan mengetahui cara penggunaan tool yang ada di photoshop, dan berlatih, kita bisa berkreasi dengan cara kita sendiri.  Itulah sedikit obrolan dari saya terima kasih karena sudah mampir kesini.

1 comment:

  1. terima kasih untuk sharenya.

    mau gamis busui yang murah dan sangat berlimpah manfaatnya

    ReplyDelete