google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Manual Membuat Bootable Windows Flashdisk via CMD

Saturday, 6 December 2014

Cara Manual Membuat Bootable Windows Flashdisk via CMD

Ingin mencoba cara manual membuat Bootable Flashdisk melalui CMD, tanpa software, berikut langkah yang bisa dilakukan. Untuk membuat Bootable Flashdisk windows atau lainnya secara manual, tanpa software menggunakan fasilitas cmd dengan terlebih dahulu mempersiapkan perlengkapannya seperti flashdisk dan file ISO.

Ada sebagian orang yang bingung jika menggunakan bantuan software atau malah gagal untuk membuat bootable flashdisk, karena banyak sekali macamnya atau ingin mencoba cara manual, bisa menjadi alternatif lain, membuat Bootable Flashdisk melalui CMD. Ini juga bisa anda gunakan untuk membuat bootable lain seperti Hirens boot (HBCD) yakni software yang kita gunakan untuk berbagai keperluan dan perbaikan system di komputer anda.

Keuntungan kita membuat bootable windows di flashdik, adalah lebih praktis dan aman. Bisa kita gunakan untuk instalasi notebook, dan kemungkinan lebih awet, berbeda dengan kepingan CD yang bisa tergores dan macet. Untuk membuatnya siapkan file ISO windows, bisa membuat sendiri file ISO dari CD installer atau download dari internet. Anda tinggal mengikuti langkah berikut ini, mari kita mulai.

Cara membuat bootable flashdisk secara manual via cmd:

1. Colokkan Flashdisk ke USB

2. Buka CMD (tekan logo Windows +R),lalu ketik cmd lalu OK

3. Muncul jendela CMD, ketikan DISKPART terus tekan enter.

4. Lanjut dengan ketik LIST DISK ,  enter

Anda lihat di LIST DISK, terdapat beberapa disk yang muncul. Cari dimana flashdisk anda terdeteksi. Untuk contoh saya disini, flashdisk berada di Disk 2.

5. Kemudian ketik SELECT DISK 2 (jika ada di disk 2). jika flashdisk berada di disk 3 dst, silakan ganti SELECT DISK 2 menjadi SELECT DISK 3 begitu seterusnya, lalu enter.

6. Ketik CLEAN lalu enter

7. Ketik CREATE PARTITION PRIMARY lalu nter

8. Ketik SELECT PARTITION 1 lalu enter

9. Ketik ACTIVE lalu enter

10. Ketik FORMAT FS=NTFS > enter

Tunggu proses format selesai hingga 100%.

11. Selanjutnya ketik ASSIGN  lalu  enter.

12. Ketik EXIT untuk keluar.

Langkah selanjutnya, adalah mount file ISO yang ingin dibuat bootable-nya (bisa juga dieksrak file). Selanjutnya copy & paste semua file/folder yang ada  ke dalam flashdisk anda. Pastikan semua file di copy ke flashdisk. Selanjutnya silakan Eject Flashdisk, kemudian colokkan kembali.

Jika berhasil, maka icon flashdisk sudah berubah menjadi installer. Silakan di uji-coba dengan booting melalui flashdisk, semoga berhasil.

1 comment:

  1. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    http://herbalkuacemaxs.com/pengobatan-herbal-kanker-lambung/

    ReplyDelete