google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Beda Cara Merubah Foto Menjadi Lukisan Cat Air Photoshop

Wednesday, 17 December 2014

Beda Cara Merubah Foto Menjadi Lukisan Cat Air Photoshop

Meski banyak tutorial cara merubah foto menjadi lukisan cat air dengan photoshop, tetapi satu diantara yang lain memiliki teknik yang berbeda-beda. Tidak apa-apa memiliki teknik berbeda-beda tentang cara merubah foto menjadi lukisan cat air dengan photoshop, karena akan menambah banyak cara yang kita miliki. Dan berikut cara saya dalam merubah foto menjadi lukisan cat air dengan photoshop.

Merubah foto menjadi lukisan cat air dengan photoshop:
Buka fotonya dan biasanya akan bernama background (layer).


Duplikat background (layer)tersebut dengan tekan tombol Ctrl+J keyboard. Akan muncul layer 1 diatasnya. Klik kanan di layer 1 lalu pilih Convert to smart object. Cara ini akan membuat kwalitas gambar lebih bagus.

Sekarang buat layer 1 menjadi tiga buah (bagian), yang artinya anda butuh dua lagi untuk membuat menjadi 3 bagian. Untuk cara ini silakan klik Ctrl+J sebanyak dua kali, sehingga akan muncul dua lagi di atas layer 1. Biasanya akan bernama layer 1 copy dan layer 1copy 2.


Nah, sekarang untuk mempermudah dalam mengerjakan trik ini, rubahlah nama dari 3 layer teratas tadi menjadi nama berikut. Untuk merubah nama layer, klik menu Layer -> Rename Layer dan isi nama seperti ini.

Untuk layer1 ganti dengan nama cutout.
Untuk layer 1 copy ganti dengan nama dry brush
Untuk layer 1 copy 2 ganti dengan nama median.


Langkah selanjutnya, sembunyikan visibilitas dua layer teratas ( median dan dry brush) dengan cara klik icon mata di depannya.

Lanjut dengan klik di cutout, kemudian klik Filter -> filter gallery -> Artistic -> cutout. Setelah klik di cutout kemudian silakan atur nilainya (geser). Anda bisa mencoba dengan nilai berikut (semua tergantung selera) jadi tidak mutlak, dan setelah pas klik OK.


Kemudian rubah blending mode-nya (ada dibawah tulisan Layer), rubah dari Normal menjadi Luminosity (anda juga bisa rubah nilai opasity & fill-nya) nanti.

Hidupkan dulu mode sembunyi di dry brush (klik lagi di icon mata), kemudian klik di dry brush. Lanjutkan dengan klik Filter -> Filter gallery -> Artistic -> dry brush. Rubah sizenya (bisa lihat contoh). setelah itu klik OK.


Rubah Blending Mode-nya dari Normal menjadi Screen.

hasil dry brush
Sekarang hidupkan lagi mode sembunyi di layer median, kemudian klik di median, lalu klik di Filter -> Noise -> median. Rubah radius menjadi 12 pixels, lalu klik OK. Rubah Blending Mode-nya dari Normal menjadi Soft Light. Maka proses edit selesai. Anda bisa menggabungkan semua layer dengan cara klik kanan di median lalu merge visible, dan simpan hasilnya.

HASIL AKHIR 


Nilai yang tertera pada contoh gambar hanya sebagai contoh saja, tentu akan berbeda-beda untuk setiap gambar dan tergantung pula dengan selera masing-masing dari kita. Silakan ekspore lagi untuk mendapat hasil yang sesuai. Semoga bermanfaat sampai jumpa lagi di info mendatang.

No comments:

Post a Comment