google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Koneksi internet menggunakan modem di android PC RemixOS

Tuesday, 11 April 2017

Koneksi internet menggunakan modem di android PC RemixOS

Intinya adalah cara setting koneksi internet menggunakan modem untuk android PC RemixOS. Melanjutkan informasi yang telah saya posting tentang cara menjalankan android di komputer menggunakan RemixOS, tips berikutnya adalah bagaimana cara setting koneksi internet  untuk android PC menggunakan modem. Karena setting awal RemixOS hanya melalui wifi untuk koneksi internetnya, maka kita perlu instal sendiri agar bisa menggunakan modem untuk koneksi internetnya.

Cara setting koneksi internet untuk android PC RemixOS menggunakan modem. Sebelumnya silakan baca disini cara instal RemixOS untuk menjalankan android di komputer. Modem menjadi salah satu perangkat koneksi internet yang paling sering digunakan terutama di rumahan. Lalu bagaimana cara melakukan instalasi modem untuk koneksi internet di android PC RemixOS, karena belum terpasang aplikasinya? Berikut cara instalasi modem yang sudah saya coba dan saya pakai,Alhamdulillah berhasil. Disini kita perlu koneksi wifi terlebih dahulu untuk download/install aplikasi.

Langkah instalasi modem:

1. Untuk instal modem di RemixOS, kita memerlukan koneksi internet untuk men-download dan instal PPP widget, untuk ini anda bisa menggunakan hotspot Wifi. Untuk hotspot-nya  anda bisa pakai ponsel atau fasilitas lainnya. Setelah fasilitas hotspot tersedia, aktifkan wifi di RemixOS (lihat di taskbar), ON -kan (klik tulisan yang muncul) maka koneksi akan tersambung.

2. Setelah internet tersambung, masuk ke google play, lalu instal aplikasi PPP widget,  pilih versi PPP widget 2 saja, karena untuk PPP 3 tidak support dengan RemixOS 3.


3. Setelah PPPwidget2 terinstal, buka menu Settings > Experimental features > klik/centang Enable Launcher file mode tujuannya untuk memunculkan tampilan jendela menu widget.


4. Setelah jendela menu widget muncul (seperti gambar dibawah), sekarang di jendela widget tersebut, silakan klik sambil tahan mouse, (klik di area panah seperti gambar dibawah) hingga muncul Icon widgets disitu, kemudian klik icon widgets tersebut maka akan muncul daftar tampilan widget yang terinstal di RemixOS.


5. Cari PPP widget 2 , klik sambil tahan lalu drag (geser) ke arah kanan, taruh di area kosong putih (lihat gambar). saat muncul superuser request pilih Remember choice forever - Allow


6. Setelah PPPwidget2 sudah berada di jendela menu widget, matikan saja wifi nya, setelah itu klik tombol Configure PPPwidget2, lalu masukkan parameter seperti berikut. Di contoh ini saya menggunakan kartu XL.

7. Setelah jendela Configure muncul, Klik Edit current Profile. isikan data sbb:
-   Profile Name:  (boleh diisi boleh tidak)
-   Access Point Name (APN) : internet (untuk telkomsel & xl)
-   User name: boleh kosong
-   Password: boleh kosong
-   Dialling string:
    #777  untuk CDMA
    *99***1#  atau bisa juga *99#  untuk GSM

Apabila tombol Configure masih belum bisa diklik (coba colokkan dulu modemnya tunggu responnya baru klik Configure). Jika muncul notifikasi centang dan OK saja dan lakukan langkah diatas tadi.

8. Untuk parameter yang lain beri centang di bagian berikut:
    Notify system about network access
    Skip SIM query...
    Disable mobile subsystem...
    Disable USB device sleep
    Enable logging


9. Setelah configure selesai, tutup aplikasinya (klik kanan icon PPP2 di taskbar), Quit APP.
Lalu klik tombol Connect, saat muncul connection request klik OK (mungkin harus klik berkali-kali agar bisa tersambung).

10. Untuk kartu XL, APN bisa diisi internet atau xlunlimited  Untuk kartu lain silakan cari di google. O iya modem yang saya gunakan merk HUAWEI dan untuk merk lain saya belum mencoba. Yang harus benar (tepat) untuk parameter modem ini adalah bagian APN dan Dialling String. Mungkin juga perlu Connect berkali kali untuk bisa terkoneksi dengan sukses.

NB: Jika cara diatas belum bisa berhasil terkoneksi, coba hapus dulu PPP widget2 di jendela HOME tadi, caranya drag saja menu PPP widget2 tersebut ke arah layar bagian atas (perhatikan, saat men-drag akan muncul tulisan Remove, arahkan saja kesitu). Selanjutnya ulangi lagi dengan memunculkan/drag PPPwidget2 ke jendela HOME (mulai dari cara no 4 diatas), lalu masukkan parameternya lagi dengan modem masih tercolok.

Setelah berhasil instal modem, anda bisa atur kembali (geser) posisi menu PPPwidget 2 ke lokasi/area bersama dengan widget lainnya (tinggal tekan&tahan, lalu drag mouse). Demikian tips cara setting koneksi internet untuk android PC RemixOS menggunakan modem yang saya praktekkan  dan cara menjalankan android di komputer semoga sukses dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment