google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Membuat CD Instaler Windows bootable pakai Nero

Saturday, 27 August 2016

Cara Membuat CD Instaler Windows bootable pakai Nero

Dengan  Nero Burning Room cara membuat CD/DVD Instaler Windows bootable 100% cukup mudah. Banyak teman yang burning file ISO Windows dengan tujuan sebagai instaler namun ternyata tidak bootable alias tidak bisa booting via CD karena tidak terbaca oleh komputer. Lalu bagaimana cara membuat CD/DVD Instaler Windows yang bootable? berikut ulasannya.

Cara membuat bootable CD/DVD Instaler Windows menggunakan Nero Burning Room. Ada beberapa faktor yang harus terpenuhi jika anda ingin membuat sendiri CD/DVD Instaler Windows antara lain CD drive komputer/laptop masih bagus, file ISO yang tidak korupt dan keping DVD-R kosong. Saya sarankan menggunakan DVD-R saja karena file ISO windows win 7, win 8 dan versi berikutnya lebih dari 2 GB.

Cara membuat DVD Instaler Windows bootable dengan Nero Burning Room:

1. Siapkan  keping DVD (DVD-R) kosong dan file ISO windows.

2. Buka Nero Burning Room lalu buka New Compilation (Untuk NERO 8, biasanya saat membuka Nero, akan langsung membuka jendela New Compilation).

3. Jika jendela New Compilation belum terbuka, klik di Tab New. Setelah jendela muncul klik tab CD/DVD lalu pilih DVD. Pada opsi yang ada dibawahnya, pilih opsi DVD-ROM (Boot). Jika kurang jelas, klik gambar untuk memperbesar.


4. Lalu pada jendela di sebelah kanan, pastikan tab Boot terpilih dan opsi Image file terseleksi yang mengarah ke file DosBootimage.IMA lalu klik Open


5. Pada jendela berikutnya silakan cari file windows (ISO) anda, lalu klik Open.

6. Muncul jendela Burn Compilation, silakan buat pengaturan seperti gambar berikut. Pada write speed boleh 8x atau maximum (tetapi speed yang terlalu besar, memiliki resiko gagal burning ditengah jalan lebih besar pula, jadi saran saya gunakan 8x saja, meski agak lama)


7. Jika sudah klik tombol Burn, kemudian akan muncul perintah untuk memasukkan disk-nya (jika dvd belum dimasukkan), lalu silakan masukkan disk anda.


8. Setelah disk dimasukkan, CD-room akan mendeteksi dan Program Nero akan otomatis memprosesnya, silakan tunggu hingga selesai, Proses bisa sampai beberapa menit tergantung write speed yang di pilih.

9. Setelah proses selesai (completed), maka disk akan keluar sendiri. dan proses burning sudah selesai.

Nah, sekarang coba anda masukkan kembali disk-nya, lalu cek di windows explorer (tekan logo windows + E) lihat apakah CD drive mendeteksi keberadaan disk anda. Jika ya berarti disk terbaca.

Selanjutnya tinggal ujicoba dengan booting melalui DVD tadi. Silakan cari di google cara masuk ke boot option jika anda belum mengetahuinya. Sekian ulasan cara membuat CD/DVD Instaler Windows menggunakan Nero Burning Room yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan membantu.

1 comment: