google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Mengatasi CD/DVD Rom Drive tidak terdeteksi oleh windows

Friday, 6 May 2016

Mengatasi CD/DVD Rom Drive tidak terdeteksi oleh windows

Cara mengatasi CD/DVD ROM yang tidak terdeteksi/tidak berfungsi. Banyak faktor yang menyebabkan CD/DVD ROM yang tidak terdeteksi, bisa karena software atau hardware-nya. Anda bisa analisa kerusakan mana yang terjadi dan di tips ini, cara ini mengatasi CD/DVD ROM yang tidak terdeteksi/tidak berfungsi karena masalah system.

Cara ini untuk mengatasi CD/DVD Rom Drive yang tidak  terdeteksi. Jika anda yakin kerusakan bukan pada perangkatnya (DVD rom), gangguan ini muncul karena masalah di software atau windows anda. Anda bisa cek hardware drivernya di device manager, jika tidak ada masalah (tidak ada tanda seru) berarti aman, kita cari ke bagian lain, kemungkinan terbesar adalah masalah file registry Windows.

Cara memperbaiki registry untuk DVD rom:

1. Buka Regedit (tekan tombol windows+R), ketik regedit lalu OK/enter.

2. Silakan menuju ke bagian berikut

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class\{4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}


3. Di sebelah kanan klik kanan UpperFilters dan LowerFilters lalu delete

Catatan:
- Jika anda ragu (untuk berjaga-jaga) sebelum delete file diatas boleh backup dulu dengan cara klik kanan di bagian 4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318 lalu Expore dan beri nama yang sama (4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318) terus save di desktop atau lainnya.

Untuk cara mengembalikan file tadi (jika perlu) silakan masuk lagi ke no 2 diatas, lalu klik File > Import > pilih file .reg yang anda simpan tadi.

- Pada beberapa kasus mungkin hanya ada salah satunya saja UpperFilters atau LowerFilters) dan atau coba dulu hapus UpperFilters saja, lalu exit dan restart.

4. Exit/tutup registry editor dan Restart computer.

5. Silakan buka Windows Explorer untuk memastikannya, apakah CD drive sudah muncul.

Bagi pengguna windows 8, Anda dapat mencoba metode berikut ini:

Masalah ini sering dijumpai pengguna windows 8 beta dengan hilangnya ikon DVD drive di My computer maupun di windows explorer bahkan di Device manager. Jika anda hendak instal ulang, periksa terlebih dahulu koneksi kabel dvd drive-nya, jangan sampai longgar.

Cara Pertama:
- Jalankan cmd (Command prompt) sebagai Run as Administrator.
- Didalam jendela command prompt, Copy paste perintah berikut:

reg.exe add "HKLM\System\CurrentControlSet\Services\atapi\Controller0" /f /v EnumDevice1 /t REG_DWORD /d 0×00000001

- Tutup jendela command prompt (ketik exit lalu enter)lalu reboot komputer.
- Cek  pada Windows Explorer serta di Device Manager.

Cara Kedua:
Download CD-DVD Icon Repair. Untuk windows 7 dan windows 8. Jalankan programnya, klik tombol ikon Repair CD-DVD dan kemudian restart komputer.

Pada tahap ini, jika memang kerusakan atau gangguan terdapat pada bagian software seharusnya sudah bisa mengatasi CD/DVD ROM yang tidak terdeteksi/tidak berfungsi. Kalau masih belum terbaca, dan intal ulang tak bisa mengatasi juga, bisa jadi perangkatnya yang rusak, tidak terhubung dengan baik. Sekian semoga bermanfaat.

3 comments: