google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara tanam hidroponik dengan sistem wick

Wednesday, 12 August 2015

Cara tanam hidroponik dengan sistem wick

Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick mungkin merupakan cara bertanam paling sederhana. Bagi anda yang baru belajar bertanam hidroponik, dan ingin memanfaatkan media sederhana untuk bertanam, cara tanam hidroponik dengan sistem wick bisa menjadi media belajar yang mudah dan murah.

Cara bertanam hidroponik dengan sistem wick yang paling sederhana bisa kita mulai dengan menggunakan barang bekas. Jika anda memiliki botol minuman mineral bekas, ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjadi media tanam sistem wick yang murah. Siapkan beberapa botol bekas dan berikut cara membuat cara tanam hidroponik dengan sistem wick.

 Bahan-bahan:
1. Botol minuman mineral bekas ukuran (1,5  atau 2 liter).
2. Alat untuk membuat lobang (bisa pakai solder)
3. Alat pemotong (gunting dan pisau)
4. Media tanam sebagai pengganti tanah (sekam bakar, serbuk gergaji, dll)
5. Bahan nutrisi hidroponik / pupuk hidroponik (bisa pakai AB Mix)
6. Kain flanel.

Langkah-langkah pembuatan Silakan lihat gambar berikut:




1. Potong botol bekas air mineral dengan gunting (pisau).

2. Buat lubang sebagai tempat pembuangan air sisa, sekaligus sebagai rongga udara yang dibutuhkan akar tanaman (bisa menggunakan solder)

3. Anda buat beberapa lubang pada tutup botol air mineral (yang tengah untuk lubang kain flanel, buat ukuran agar besar) dan beberapa lobang kecil di sebelahnya (sebagai sirkulasi).

4. Selanjutnya untaikan kain flanel di lubang yang tengah tadi. Kain flanel ini sebagai media  yang menyalurkan air nutrisi dari bawah botol ke tanaman (sumbu air).

5. Isikan nutrisi hidroponik di dalam wadah bagian bawah, lalu masukkan bibit tanaman yang  siap ditanam diatasnya. Jika anda punya alat, sesuaikan standar PH air dan PPM air sesuai dengan jenis tanaman.

Selanjutnya cara membuat racikan larutan hidroponik:

Anda bisa memakai Nutrisi Hidroponik AB MIX merupakan pupuk hidroponik yang banyak digunakan para petani tanaman hidroponik. Bahan bisa anda dapatkan, di toko pertanian  terdekat, dalam bentuk bentuk padat maupun cair dengan berbagai ukuran.

Cara  membuat racikan larutan hidroponik sebagai nutrisi tanaman:

Siapkan bahannya dulu:
- Nutrisi hidroponik AB MIX
- Ember beserta air bersih
- Jerigen 5 liter
- Alat pengukur (liter)

Langkah selanjutnya:

1. Masukkan 5 liter air ke dalam ember. (tandai ember di posisi 5 liter air).

2. Sekarang kurangi dulu air dalam ember tadi, misal tinggal 3 liter saja.

3. Setelah itu masukkan pupuk MIX A ke dalam ember, kemudain aduk sampai tidak ada lagi gumpalan pupuk A, pastikan larut dengan baik.

4. Selanjutnya tambahkan air ke dalam ember hingga mencapai ukuran 5 liter. Silakan aduk kembali hingga merata.

5. Langkah selanjutnya, masukkan larutan hasil pembuatan diatas ke dalam jerigen 5 liter dan  berikan tanda atau label AB MIX A (larutan coklat). Racikan pertama sudah selesai.

6. Sekarang menuju ke racikan ke-2 (meracik AB MIX Type B), silakan anda lakukan hal yang sama seperti cara diatas, dan hasil dari larutan AB MIX B ini akan berwarna putih.

Media dan cara-tanam dengan sistem hidroponik
Bahan dan cara membuat nutrisi hidroponik

Nah, setelah semua proses sudah anda lakukan, maka Nutrisi tanaman racikan sudah siap digunakan untuk tanam sistem hidroponik ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan selamat ber-eksperiment.

1 comment: