google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF

Monday, 3 August 2015

Cara Menyimpan Halaman Web Menjadi PDF

Cara Menyimpan Halaman Web ke File PDF pada firefox maupun google Chrome. Anda perlu instal add-ons save as pdf untuk bisa menyimpan halaman web yang anda buka kedalam format pdf. Cara instal add-ons save as pdf, melalui tool add-ons yang ada di menu firefox atau browser anda. Lebih jelasnya, berikut cara menyimpan halaman web menjadi PDF pada firefox maupun google Chrome.

Cara menyimpan halaman web menjadi file PDF pada firefox dan google Chrome. Kita mulai dengan cara menyimpan halaman web menjadi PDF pada firefox. Sebagai browser yang paling banyak digunakan, fire memberikan add-ons save as pdf untuk bisa dipasang sebagai extention browser anda. Syarat untuk bisa membuka file PDF tentu anda harus memiliki pdf viewer-nya anda bisa download pdf viewer disini.

Cara menyimpan halaman web menjadi file PDF pada firefox:

Silakan buka firefox anda, lalu klik menu Tools > add-ons. kemudian pada kotak search, ketik save as pdf (enter).

Akan muncul banyak jenis add-on yang bisa anda pilih dan instal, anda bisa pilih Save as pdf, silakan klik Install setelah itu restart Now, firefox anda.

Setelah firefox terbuka kembali, lalu silakan buka halaman web yang ingin anda simpan sebagai pdf, kemudian klik icon Save as pdf (biasanya muncul di kiri atas, ada di sebelah browser alamat URL) anda.


Setelah anda klik icon Save as pdf, akan muncul pilihan untuk download, jika firefox anda terintegrasi dengan IDM maka dialog idm download akan muncul, atau anda bisa save file melalui fasilitas dari firefox.

Nah, sekarang cari file hasil download tadi, klik kanan nama file-nya > open with > pilih program pdf viewer yang anda miliki, (tetapi jika pdf viewer anda belum muncul) silakan klik choose default program, lalu jika muncul dialog windows can't open this file lalu klik di select a program from a list...lalu OK. Selanjutnya browser program pdf veiwer anda dimana terinstal, bisa ada di C:\ Program files atau program files (x86) dan jangan lupa centang cek box di Always use this selected program...lalu OK.


Cara menyimpan halaman web menjadi file PDF pada Chrome:

Pada Google Chrome sudah terdapat fasilitas untuk menyimpan halaman web langsung menjadi file PDF, yaitu pada menu print. Tekan tombol menu di bagian kanan atas pada Google Chrome > Print... .


Selanjutnya akan muncul halaman print, lalu anda tekan tombol Change, kemudian pilih Safe as PDF.

Selanjutnya anda dapat mengatur halaman mana saja yang akan disimpan, layout, margin serta header dan background. Silakan anda atur sesuai keinginan dan setelah beres  klik Save.


Demikianlah Cara Menyimpan Halaman Web ke File PDF pada firefox maupun google Chrome, semoga cukup jelas, selamat beraktivitas.

1 comment: