google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Bahan dan Cara membuat Nutrisi Hidroponik

Friday, 24 July 2015

Bahan dan Cara membuat Nutrisi Hidroponik

Cara membuat nutrisi hidroponik dan bahan yang diperlukan. Cara menanam menggunakan sistem Hidroponik sangat berkembang pesat dan menjadi teknik bertanam di era modern saat ini. Belajar lebih jauh tentang sistem Hidroponik dan cara membuat sendiri nutrisi Hidroponik dengan meracik bahan dan Peralatan yang dibutuhkan.

Cara membuat Nutrisi Hidroponik peralatan dan bahan. Hal ini tentu penting kita pelajari karena untuk sistem Hidroponik, perlu pengetahuan cara membuat nutrisi hidroponik yang tepat dan berkwalitas. Berikut bahan dan peralatan membuat Nutrisi Hidroponik.

Bahan pupuk:
1. Pupuk NPK: 1000 gr
2. Pupuk Urea: 1000 gr
3. Pupuk KCL:  1000 gr
4. Pupuk daun Gandasil ( Growmore ): 50 gr.

Peralatan untuk pembuatan:
1. Ember dengan volume sekitar 20 liter
2. Drum/bak (plastik) dengan volume 100 liter
3. Timbangan digital
4. Alat untuk mengaduk
5. Air sumur, air sungai.

Langkah-cara membuat :

- Timbang bahan-bahan pupuk diatas sesuai ukuran yang sudah ditentukan, kemudian masukkan semua bahan ke dalam ember dengan volume 20 liter.

- Sediakan air sumur sebanyak 20 liter, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit ke dalam ember sambil diaduk-aduk. Tidak dianjurkan menggunakan air PDAM (kecuali sudah diendapkan minimal seminggu)

- Lakukan pengadukan hingga semua air selesai dituangkan, dan pastikan pupuk telah larut (tidak mengkristal dan tidak ada endapan), larutan ini akan terlihat pekat.

- Setelah itu pindahkan larutan pekat yang kita buat tadi ke dalam bak penampungan ukuran 100 liter.

- Selanjutnya, masukkan air sumur sedikit demi sedikit ke dalam bak penampungan sambil terus diaduk-aduk hingga air mencapai 100 liter.

- Pembuatan larutan Nutrisi sudah selesai dan siap digunakan.

Demikianlah cara membuat nutrisi hidroponik yang bisa kita praktekkan sendiri, sangat mudah dan bahan pun tersedia luas di pasar, selamat mencoba.

1 comment: