google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Cara Merekam Audio Menggunakan Laptop

Monday, August 25, 2014

Cara Merekam Audio Menggunakan Laptop

Inilah beberapa langkah cara merekam Audio/suara menggunakan Laptop yang perlu kita lakukan. Perlu ujicoba secara berulang untuk mendapat hasil yang maksimal, Lakukan pengaturan yang tepat dan benar pada penggunaan softwarenya, karena akan bisa berbeda di setiap laptop yang kita gunakan.


Langkah Merekam Audio Menggunakan Laptop:

Klik kanan pada icon speaker di taskbar (bawah kanan), lalu pilih Recording devices.


Terbuka jendela baru, pilih tab Recording. Selanjutnya kita perlu menampilkan pengaturan yang tersembunyi, caranya klik kanan di dalam kotak (di area kosong), lalu centang kedua pilihan yang muncul.


Disana akan muncul Microphone dan stereo mix. Untuk mengaktifkan, silakan klik kanan pada nama tersebut, lalu centang enable. Selanjutnya anda bisa atur di tombol properties masing-masing, atur level, cek listen (jika ingin bisa di dengarkan di perangkat lain).


Pada tab advanced anda bisa atur sesuai yang cocok dengan laptop anda, misalnya  2 channel, 16 bit, 44100hz (CD quality).

Untuk proses rekaman, kita perlu Download software perekamnya di http://audacity.sourceforge.net/
Setelah terinstal,lalu jalankan dan atur settingannya. Pilih Edit > Preferences > devices , pada bagian Recording pilih stereo mix (catatan: anda perlu atur settingan yang paling tepat, karena bisa berbeda-beda tergantung laptop dan OS anda).


Selanjutnya tinggal test untuk merekam, anda bisa putar lagu MP3 dengan winamp atau lainnya yang ada di laptop anda. Silakan play, lalu pada audacity, klik tombol Record. Nyalakan saja speakernya, dan setelah selesai klik Stop. Setelah itu coba klik play dan dengarkan hasilnya.

Sebagai contoh disini saya menggunakan windows 7 ultimate. Anda juga bisa merekam lagu/MP3 yang berasal dari VCD/DVD player, caranya cukup menghubungkan (dengan menggunakan kabel-jack) yang sesuai dari Output audio VCD player ke saluran Line-in atau built-in (microphone) di laptop, biasanya letak berdampingan dengan output (headphone). Pastikan line in sudah aktif atau enable. Atur volume VCD player ke nilai kecil saja, misalnya jika volume VCD sampai angka 16, maka cukup atur volume 3 - 4 saja, karena jika terlalu besar hasilnya malah tidak bagus. Kemudian ubah settingan Audio host  di audacity anda, menjadi windows directsound (lihat gambar, klik untuk memperbesar). Intinya anda harus ujicoba dengan merubah settingannya  (edit > preferences) hingga pas.


Untuk menyimpan, klik File > export, format dalam bentuk wav. Jika ingin dirubah ke MP3 kita perlu instal software encoder dulu, caranya pilih export to MP3 maka akan muncul tombol downloadnya, atau jika tidak ada, bisa menggunakan software converter secara terpisah (misal anyvideo converter) di http://www.any-video-converter.com/products/for_video_free/ , silakan unduh. Terakhir simpan hasil export filenya.

Dapatkan informasi/trik menarik seputar komputer.blog dan lainnya di sini. Selamat mencoba, mudah-mudahan bermanfaat.

16 comments:

  1. bos.... masih kebingungan nih cara masukin unsur drum bwt nge rocord

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download Ajj DvDrum buat ngisi suara drum nya

      Delete
  2. Thanks infnya gan..
    jamesfikriblogspot.com
    salam kenal

    ReplyDelete
  3. suara yg dhasilkan kok nggak bagus? apa prl alat lain selain laptop dan mixer ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin setingannya kurang pas, misal vol output dari sumber audio sebaiknya kecil saja jangan lebih besar dari input Audacity. Saya coba buat rekaman pakai mixer lumayan bagus kok. eksperimen terus

      Delete
  4. ini saya mau menyimpan tapi ko gabisa bisa yaa? mohon saran nya gan...

    ReplyDelete
  5. Ok trimz sangat berguna sekali infonya. Saya mau tanya ...untuk input video di pc diperlukan pralatan apa mas bro..??

    ReplyDelete
  6. terima kasih artikelnya
    sekarang rekam desktop jadi lebih mudah
    bisa langsung ke tkp

    ReplyDelete
  7. Bro, laptopku lubang michrophone menyatu dengan headset, klo buat rekaman masuknya lewat michrophone laptop bukan dr input. Caranya gmana dan pakai jack apa.? Minta infonya bro thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya harus modif sendiri atau beli yang ujungnya sama seperti input di headset lalu ujung satunya disesuaikan, misal model RCA (kayak di DVD)

      Delete
  8. Replies
    1. Bisa bedanya notebook cuma nggak ada CD-ROM nya saja

      Delete
  9. CD Rom itu tempatcd bukan ya mas ??
    Hheheh maaf saya kurang faham laptop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama menggunakan sistem windows, jd sistemnya sama, kalo pake headset biasanya ada dua jack, yg satu untuk headphone satunya lagi input untuk microphone atau bisa juga untuk audio dari sumber lain seperti player, mixer dll. Intinya suara yang akan direkam dimasukin ke input mic (jack bisa beli yang modifikasi misal jack inputnya sama seperti di headset anda tapi ujung satunya berupa RCA, dll). vol input harus lebih kecil dari output Audacity biar suara nggak pecah.

      Delete