google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Rahasia Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Thursday, 3 July 2014

Rahasia Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Rahasia menjaga kesehatan mata yang harus diperhatikan pada setiap diri kita. Kesehatan mata tak lepas dari pola hidup keseharian setiap individu dalam segala hal, konsumsi makanan yang baik untuk mata, menjaga kebersihan dan cukup istirahat sangat mutlak dibutuhkan oleh kita. Apa saja hal yang harus kita perhatikan dalam menjaga kesehatan mata, berikut ulasannya.

Yang paling pokok tentu sumber nutrisi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata dari dalam, harus tercukupi. Jika kita kekurangan vitamin yang penting bagi kesehatan mata maka gangguan mata bukan tak mungkin akan menimpa diri kita. Cukupi kebutuhan vitamin untuk mata, agar tetap sehat secara alami yaitu vitamin A, C dan E.


Makanan sumber vitamin untuk kesehatan mata:

Vitamin A.

1. Sereal: jagung kuning. gandum

2. Umbi-umbian: ubi kuning, ubi kuning kukus, ubi jalar merah, ubi rambat merah,

3. Biji-bijian/kacang-kacangan: kacang ercis dan kacang merah.

4. Sayuran: rumput laut, sawi, semanggi, terong hintalo, wortel. bakung, bayam, bayam keripik goreng, bunkil daun talas, bayam merah, daun genjer, , serta daun hijauan lainnya, Gandaria, kacang panjang, daun jambu, daun jambu mete, daun kacang panjang. kangkung, kol cina, labu kuning, pak soy, putri malu, ranti muda.

5. Buah-buahan: apel, mangga, pepaya, pisang, sawo, sukun, buah negeri, kesemek.

6. Hewani: hati sapi, hati ayam, bebek, ginjal domba, daging ayam, ikan (baronang, cakalang, gabus, kawalinya, kima, lehoma, malugis, rajungan, sarden, sunu, titang dan tongkol), telur asin.

7. Hasil olahan: tepung susu, kepala susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit, tepung ikan serta.

Sumber vitamin A yang berkwalitas tinggi: wortel, brokoli daun, ubi jalar, mentega, kangkung, bayam, labu, collard hijau, Keju cheddar, melon melon, telur, aprikot, pepaya, mangga, kacang, brokoli, susu, hati, kalkun, ikan.

- Sayuran hijau, wortel, labu, ubi, paprika kuning  dan kuning telur sebagai sumber anti oksidan.

- Bumbu-sayur seperti bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah juga sangat baik untuk kesehatan mata yang kaya akan sulfur, sisteina dan lesitin.

- Untuk buah seperti buah blueberry, anggur, dan goji yang kaya akan antosianin.

- Ikan salmon, sarden, mackerel, dan cod sebagai sumber makanan yang kaya akan DHA  atau asam lemak.


Melakukan terapi/olahraga Mata.

Pada saat tertentu kita perlu melakukan olahraga seperti memutar bola mata, dengan cara melihat keatas terus menggerakkan bola mata memutar seperti arah jarum jam sebanyak 10 kali. Setelah itu lakukan hal yang sama dengan arah yang berlawanan/sebaliknya.

Menghangatkan mata. Bisa dengan air hangat dengan pakai kain kecil dan tempelkan dimata kita atau bisa dengan caranya menggosok-gosokkan telapak tangan hingga hangat, lalu tangkupkan telapak tangan di mata, ulangi beberapa kali.

Melatih fokus bola mata. bisa kita lakukan cara ini. Peganglah pensil atau benda lainnya arahkan tangan kedepan dan secara perlahan dekatkan benda tersebut menuju arah mata dengan tetap menjaga mata fokus pada benda tersebut hingga kira-kira 15 cm, kemudian jauhkan kembali secara perlahan dengan tetap menjaga mata fokus pada pergerakan benda. Latih beulang-ulang agar otot mata bisa bekerja secara normal.

Lakukan pemijatan menggunakan ibu jari ke bagian kedua pelipis kita. Pijatlah dengan arah gerak memutar yang searah kira-kira 20 kali dan lakukan arah sebaliknya (berlawanan) juga. Selanjutnya lakukan pemijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata, dan di batang hidung. Istirahatkan mata dengan memejamkan selama 3 menit.

Lakukan Istirahat Mata. Dalam sehari kita butuh tidur selama kurang lebih 8 jam untuk menjaga kesegaran tubuh termasuk mata kita. Jika anda pengguna komputer, biasakan istirahat selama 10 menit setiap satu jam bekerja.

Kompres mata. Anda bisa melakukan kompres mata dengan buah mentimun untuk menghilangkan mata lelah.

Jika mengalami mata bengkak, ada tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya. Gunakan 2 buah teh kantong yang kemudian dicelupkan ke dalam air panas. Setelah beberapa saat angkat kedua teh kantong tersebut lalu taruh ke dalam kulkas selama 30 menit. Gukanan untuk mengompres (tempelkan) di kedua mata anda.

Cara diatas cukup ampuh untuk mengatasi mata bengkak atau kecapekan. Tips ini berasal dari berbagai sumber yang telah saya rangkum, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan, terima-kasih salam Indonesia sejahtera.

2 comments:

  1. Keren tuh infonya mas e & mbakee. Saya juga menemukan online shop baru yang menjual SoftLens warna online x2, geo lens, omega dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim. ayo cekidott...

    ReplyDelete