google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Makanan Berserat Tinggi Terbaik Bagi Kesehatan

Saturday, 5 July 2014

Makanan Berserat Tinggi Terbaik Bagi Kesehatan

Kebutuhan makanan berserat tinggi diperlukan bagi mereka yang mengalami masalah dengan pencernaan dan kelancaran BAB. Makanan berserat tinggi berperan sebagai perangsang aktivitas saluran usus, memperlancar dalam proses mengeluarkan sisa makanan yang ada dalam tubuh kita sehingga BAB lancar.

Jika terjadi masalah dengan BAB, maka akan berpengaruh kesehatan tubuh dimana sampah yang seharusnya dikeluarkan, masih tinggal didalam perut kita padahal harus segera dibuang karena jika tidak akan menjadi racun bagi tubuh. Gangguan sembelit dan ambeien juga bisa terjadi karena masalah kurangan makanan berserat. Untuk mencukupi kebutuhan serat, makanan dan buah yang mengandung serat tinggi bisa anda konsumsi.


Makanan berserat tinggi, baik bagi kesehatan:

Buah Kiwi
Dari penelitian, kandungan serat yang terdapat didalam buah kiwi adalah 3,0 gram/ 100 gram dan merupakan buah yang mengandung serat paling tinggi di antara buah lainnya.

Kacang Merah
Kacang merah memiliki kandungan protein dan zat besi yang sangat baik, selain itu juga mengandung serat yang baik pula, sehingga sangat baik untuk kita konsumsi.

Buah Alpukat
Dengan mengonsumsi buah alpukat, akan membantu tubuh mengurangi resiko penyakit jantung dan terhindar dari kekurangan serat tubuh. Alpukat juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Alpukat merupakan buah yang mengadung serat paling tinggi yang penting untuk tubuh kita.

Jagung
Jangan sepelekan jagung, karena makanan ini mengandung serat yang cukup tinggi dan  karbohidrat yang baik di dalamnya.

Buncis
Sayuran yang cukup merakyat dan ternyata juga bermutu bagus, selain buncis mengandung antioksidan yang berfungsi atasi serangan radikal bebas, juga kaya serat yang cukup mantab.

Oatmeal
Sagat bagus bagi tubuh, membantu menurunkan kolesterol karena Oatmeal mengandung beta glucan, yang merupakan zat penting atasi kolesterol, dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh anda, tentunya juga kandungan serat tinggi yang baik.

Kacang Polong
Kacang-kacangan memang kaya akan serat seperti kacang polong ini. Jika anda mengonsumsi secangkir kacang polong, ini akan menghasilkan kira-kira 16 gram serat atau lebih.
Dengan kita mengetahui sumber makanan dan buah berserat tinggi, maka tak ada alasan lagi, tubuh kita kekurangan serat tubuh. Dari beberapa pilihan yang ada, kita dapat mengonsumsi dengan mudah dan murah. Demikian informasi sumber makanan dan buah berserat tinggi, sekian & terima-kasih.

1 comment:

  1. kalo untuk sebagai gizi, makanan berseratfungsinya buat apa ya? apa memang cuma memperlancar pencernaan?

    terima kasih

    ReplyDelete