google-site-verification: google7105ea3515502ea1.html gumregut: Kenali Gejala Dan Obati Sakit Maag

Friday, 27 June 2014

Kenali Gejala Dan Obati Sakit Maag

Gejala sakit maag sering ditandai dengan perut kembung, perih dan nyeri perut bagian atas, perut terasa penuh, terasa panas dan kehilangan selera makan. Jangan abaikan gejala sakit maag anda, terutama bagi yang sibuk, sering kita tidak menyadari dan bila merasakan gejala awal sakit maag hanya dianggap sepele saja, ini yang tidak benar. Sakit Maag bisa menjadi serius dan berbahaya jika tidak dicegah sumber penyebab sakit maag tersebut.

Lambung kita terdapat enzim-enzim pencernaan seperti pepsin, asam lambung dan mucus yang bertugas melindungi dinding lambung dari gesekan saat menampung makanan. Lambung adalah organ pencernaan yang berfungsi menyimpan makanan, mencerna, dan kemudian menyalurkan ke usus kecil untuk proses penyerapan sari makanan dan peristaltik. Kelembaban dan keseimbangan lambung sangat penting dijaga. Mengatur waktu makan tetap teratur, tidak telat makan menjadi langkah awal mencegah sakit maag.

Terjadinya sakit maag dikarenakan adanya peradangan, pembengkakkan mukosa lambung. Faktor pemicunya sering kali karena adanya iritasi dan infeksi. Karena pentingnya menjaga keseimbangan enzim, maka bila terjadi ketidakseimbangan diantara enzim tersebut atau meningkatnya asam dan mucus yang berkurang, inilah penyebab iritasi dinding lambung yang memicu terjadinya proses peradangan.

Hati-hati dengan penggunaan obat-obatan yang berdosis tinggi dan alkohol, termasuk faktor pemicu peradangan/maag. Dalam kondisi tertentu akan terjadi infeksi yang disebabkan oleh munculnya bakteri Helicobacter Pylori pada lapisan terdalam lapisan mukosa yang merupakan pelindung dari mukosa lambung. Kasus yang lebih serius bisa menyebabkan terjadinya ulkus (ulcer) dimana bisa meningkatkan resiko terjadi kanker lambung yang menakutkan.

Tips Pengobatan sakit maag. Secara umum, obat sakit maag akan mengurangi asam lambung yang berlebihan, dan cukup membantu mengurangi sakit maag. Bila terjadi iritasi lambung, maka perlu penggunaan antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri. Penggunaan obat-obatan yang memicu terjadinya iritasi lambung juga harus dihentikan atau tak boleh sembarangan.  Tubuh manusia mempunyai lapisan lendir pelindung yang berfungsi melindungi sel-sel lambung dari asam lambung korosif penyebab terjadi luka pada dinding lambung.

Hal-hal yang harus diperhatikan.

- Hindari mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri terlalu sering, pemakaian obat dengan dosis tinggi, karena bisa mengakibatkan iritasi lambung kita, dapat mengganggu sistem pencernaan dan ini rentan terhadap infeksi yang menyebabkan peradangan.

- Hindari minuman ber-alkohol. Ini salah satu penyebab terjadinya penyakit maag. Alkohol/minuman keras akan mengganggu system pencernaan, lambung akan sangat rentan dan mengundang bakteri penyebab penyakit maag.

- Hindari Stres.  Kondisi jiwa stres akan mengubah keadaan dalam tubuh sehingga membuat lebih rentan terhadap berbagai penyakit.

- Kurangi mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak secara berlebihan. Ini menjadi penyebab penyakit maag.

Selain itu, faktor usia memang tidak bisa dipungkiri turut andil gangguan sakit maag. Untuk mengobati sakit maag dengan bahan alami, kita bisa menggunakan Kunyit diparut, diperas dengan air dan di rebus, kemudian untuk kita minum dengan campur sedikit madu. Sampai ketemu di lain waktu, terima-kasih.

No comments:

Post a Comment